Wednesday, May 29, 2024
HomeBerita NasionalLPSK Belum Kabulkan Permohonan Perlindungan SYL

LPSK Belum Kabulkan Permohonan Perlindungan SYL

Media Indo Pos,Yogyakarta – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) belum mengabulkan permohonan perlindungan yang diajukan oleh eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Wakil Ketua LPSK Antonius Wibowo menyebut permohonan perlindungan yang diajukan oleh SYL masih ditelaah oleh tim internal.

“Setiap ada permohonan masuk itu kan diikuti dengan penelaahan, atau diikuti dengan investigasi. LPSK mempunyai SOP bahwa investigasi ini akan berlangsung sekitar satu bulan. Permohonan dari Pak SYL itu kan belum ada satu bulan, jadi sekarang masih investigasi di sana,” kata Antonius di Sleman, DIY, Kamis (23/11).

Antonius juga enggan membeberkan nasib permohonan SYL apabila ditinjau dari prasyarat perlindungan LPSK. Ia mengaku tak mau mendahului keputusan pimpinan lainnya.

“Karena sebagai bagian dari pimpinan, saya hanya satu dari pemegang tujuh suara. Jadi ketika nanti investigasi itu selesai dilakukan oleh biro penelaahan permohonan, maka biro penelaahan permohonan itu akan melapor pada tujuh orang pimpinan LPSK,” jelasnya.

Tujuh orang di pucuk pimpinan LPSK inilah yang selanjutnya mengkaji kembali soal layak tidaknya perlindungan itu diberikan kepada pemohon. “Saya yakin kira-kira dalam minggu depan sudah ada keputusan LPSK terhadap permohonan perlindungan SYL,” katanya.

SYL telah mengajukan permohonan perlindungan ke LPSK atas dugaan kasus korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian yang kini tengah menyeretnya.

Berdasarkan dokumen LPSK yang diperoleh, permohonan perlindungan diterima lembaga tersebut pada Jumat (6/10) pukul 17.57 WIB.

Selain Syahrul Yasin Limpo, ada tiga orang lain yang mengajukan perlindungan dalam dokumen yang sama, yaitu MH, PH, dan H.

Syahrul Yasin Limpo terseret kasus dugaan kasus suap penempatan pegawai Kementerian Pertanian yang kini sedang disidik KPK. Karena kasus itu, Syahrul Yasin Limpo mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai menteri pertanian.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments