Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita NasionalFirli Bahuri Tersangka, Cak Imin Bersyukur Hukum Tak Pandang Bulu

Firli Bahuri Tersangka, Cak Imin Bersyukur Hukum Tak Pandang Bulu

Media Indo Pos,Jakarta – Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghormati proses hukum Ketua KPK Firli Bahuri yang ditetapkan tersangka dugaan kasus pemerasan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Cak Imin bersyukur karena hukum tidak pandang bulu.

“Ya kita menghormati semua proses hukum dan kita bersyukur hukum tegak di tanah air tidak pandang bulu,” ujar Cak Imin di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra IV, Senayan, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Cak Imin mengatakan harus menghormati proses hukum yang ada. Dirinya juga prihatin dengan peristiwa tersebut. “Ini kita hormati proses hukum yang berlaku dan kita apa namanya, prihatin dengan peristiwa seperti itu,” ujar dia.

Terkait status Firli Bahuri yang masih jadi Ketua KPK, dirinya mengatakan pasti akan ada pemberhentian sementara. Hal itu sesuai dengan UU KPK yang ada. “Ya pasti mundurlah, wong undang-undangnya begitu, nanti ada Keppres menonaktifkannya,” sebutnya.

Firli Bahuri Tersangka
Diketahui Firli Bahuri dijerat dengan pasal dugaan pemerasan terhadap SYL. Firli diduga melakukan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan penerimaan suap. Dugaan tindak pidana itu terkait dengan penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian saat dipimpin SYL.

“Berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada kurun waktu tahun 2020 sampai 2023,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu (22/11).

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 e, 12 B atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada sekitar tahun 2020-2023,” imbuhnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments