Monday, May 20, 2024
HomeHealth5 Minuman Herbal untuk Menyembuhkan Flu, Tak Perlu Minum Obat

5 Minuman Herbal untuk Menyembuhkan Flu, Tak Perlu Minum Obat

Media Indo Pos,Jakarta – Minuman herbal untuk menyembuhkan flu sangat disarankan. Minuman paling pas disajikan hangat sehingga bisa memberikan rasa nyaman di tubuh. Mulai merasa tidak enak badan? Cuaca kini tidak menentu dan rasanya tubuh rentan sakit, terutama flu.

Jika sudah begini, tubuh perlu kecukupan cairan. Pasalnya, saat sakit orang kerap tidak memperhatikan kebiasaan makan dan minumnya.

“Anda perlu tetap terhidrasi sehingga Anda terus memberikan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit apa pun yang dilawan,” kata asisten profesor di University of Arkansas Riley Lipschitz, dikutip dari Washington Post.

Minuman herbal untuk menyembuhkan flu
Dalam kondisi sakit, seseorang memerlukan pasokan cairan lebih banyak. Berikut beberapa minuman herbal untuk menyembuhkan flu. Tak hanya hidrasi, minuman-minuman ini juga dapat memberikan khasiat tambahan.

1. Teh peppermint
Menghirup teh peppermint mampu melegakan hidung. Teh juga akan meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Daun peppermint mengandung mentol yang meredakan batuk sehingga bahan ini banyak digunakan dalam sirup obat batuk.

2. Wedang jahe
Seperti peppermint, jahe juga memberikan sensasi hangat dan melegakan di tenggorokan. Sensasi hangat ini bahkan bisa dirasakan di seluruh tubuh, terutama perut. Flu biasanya dibarengi dengan rasa mual, kembung, atau rasa tidak nyaman di perut. Jahe bisa menjadi solusi atasi flu.

“Jahe adalah antivirus ampuh dan agen antiinflamasi. Selain itu, jahe tersedia segar di supermarket,” kata Bill Rawls, direktur medis di Vital Plan, dikutip dari Good Housekeeping.

3. Honey lemon
Minuman lemon dan madu jadi salah satu minuman terbaik saat flu. Kok bisa?

Menukil dari Healthline, madu mengandung senyawa antibakteri dan antimikroba. Sementara lemon mengandung vitamin C yang mampu mendukung daya tahan tubuh. Minum lemon dan madu akan meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat pemulihan tubuh.

4. Teh hijau
Siapa bilang teh hijau cuma buat mereka yang sedang diet? Teh hijau punya banyak manfaat, termasuk melawan infeksi. Selain itu, ada juga beberapa bukti bahwa teh hijau dapat membantu mencegah flu dan pilek. Gara-garanya adalah kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

“Antioksidan kuat ini menjadikan teh hijau pilihan yang sangat baik untuk diminum sepanjang musim pilek dan flu,” jelas Tara Tomaino, direktur gizi di The Park.

5. Susu dan kunyit
Golden milk merupakan minuman campuran susu dan kunyit. Menurut studi, kunyit berpotensi menurunkan kolesterol, mengurangi gula darah, meredakan radang sendi, mendukung pencernaan, dan mengurangi inflamasi pada usus.

“Ragam manfaat kesehatan ini mungkin karena kandungan antiinflamasi, antiseptik dan antioksidan kunyit,” kata Kulreet Chaudhary, ahli neurologi, dikutip Mind Body Green.

Minuman herbal untuk menyembuhkan flu ini juga memberikan rasa nyaman di tubuh. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan istirahat yang maksimal selama masa pemulihan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments