Thursday, May 23, 2024
HomeBerita NasionalIntan Fauzi Soal Penanganan Stunting di Depok: Harus Kolaboratif

Intan Fauzi Soal Penanganan Stunting di Depok: Harus Kolaboratif

Media Indo Pos,Jakarta – Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengingatkan pelaksanaan program penanganan stunting harus dilakukan secara kolaboratif. Dia mengatakan pemerintah daerah atau pemerintah kota tidak bisa melaksanakan sendiri tanpa melibatkan berbagai pihak.

“Program penanganan stunting harus dilakukan secara kolaboratif, dari pusat turun ke bawah dan melibatkan pemerintah daerah serta BUMN,” kata Intan Fauzi Jumat (24/11/2023) saat menyerahkan bantuan pangan sehat ayam segar dan telur di Kota Depok yang diselenggarakan selama tiga hari.

Intan menyampaikan program kolaborasi BUMN ID Food berupa bantuan pangan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) bekerjasama dengan PT Berdikari untuk pengadaan ayam segar dan telur, serta PT Pos Indonesia untuk penyaluran sekitar 5000 paket kepada kelompok penerima manfaat di 11 kecamatan se Kota Depok. Paket bantuan pangan berupa ayam segar dan telur itu diserahkan Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI di beberapa kelurahan di Depok.

“Walaupun angka Stunting di Kota Depok sudah baik tapi tetap konsumsi pangan yang bergizi sangat dibutuhkan bagi masyarakat,” jelas Intan Fauzi.

Intan mengatakan perlu ada kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Sebab program tersebut tidak bisa berjalan sendirian. “Penanganan stunting tidak bisa dilaksanakan sendirian oleh Pemerintah Kota Depok. Apalagi jika berbicara alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), jumlahnya kurang memadai. Karenanya perlu adanya kolaborasi dengan Pemerintah Pusat,” imbuhnya.

“Alokasi anggaran dari Pemkot, kemudian ditunjang anggaran dari APBN dan pendampingan dari BUMN, tentu akan lebih maksimal dalam pelaksanaan penanganan stunting,” jelas Intan Fauzi Dewan RI dari Fraksi PAN ini.

Khusus untuk keterlibatan BUMN, Intan menyatakan bahwa perusahaan pelat merah milik pemerintah itu memiliki kewajiban selain mencari keuntungan untuk pemasukan Negara, juga memiliki fungsi sosial, salah satunya mengentaskan angka stunting sebagai salah satu program utama Pemerintah Pusat.

“Saya meminta agar amanah dari program pemerintah dimanfaatkan warga dengan baik dan benar, untuk meningkatkan gizi yang maksimal bagi anak-anak agar kelak menjadi pemimpin hebat di masa mendatang,” demikian Intan Fauzi.

Paket satu lusin telur ayam negeri dan satu ekor ayam segar sendiri disalurkan bagi penerima manfaat se-Kota Depok, yaitu antara lain di Kecamatan Beji, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Cinere, Cipayung, Limo, Pancoran, Sawangan, Sukmajaya dan Kecamatan Tapos.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments