Thursday, May 23, 2024
HomeInternationalWorldRatusan Ribu Warga London Demo Pro-Palestina Lagi, Desak Gencatan Permanen

Ratusan Ribu Warga London Demo Pro-Palestina Lagi, Desak Gencatan Permanen

Media Indo Pos,London – Ratusan ribu warga di London turun ke jalan untuk menuntut gencatan senjata permanen antara Israel dan milisi di Palestina, Hamas, Sabtu (25/11).

Lembaga non pemerintah yang menginisiasi aksi ini, Palestine Solidarity Campaign, menyatakan sekitar 300 ribu orang hadir di demo tersebut.

Pihak berwenang Inggris juga menyatakan mereka mengerahkan 1.500 petugas polisi untuk menangani aksi itu.

Berdasarkan laporan Al Jazeera melalui tayangan video, para pedemo banyak yang membawa bendera Palestina.

Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan “Pawai Nasional untuk Palestina, gencatan senjata permanen sekarang! Setop perang di Gaza.” Beberapa yang lain membawa poster bertuliskan “Gencatan senjata permanen sekarang!”

Dalam aksi ini, polisi juga membagikan pamflet berisi penjelasan mengenai “pelanggaran dan perilaku yang tidak akan ditoleransi.” Tak hanya itu, petugas menangkap setidaknya lima orang karena dicurigai menghasut kebencian rasial.

Polisi juga menangkap mereka yang mendistribusikan “literatur yang menampilkan swastika di dalam Bintang Daud,” demikian dikutip dari Al Jazeera.

Aksi besar-besaran mendukung Palestina di London bukan kali pertama. Pada pertengahan November lalu, ratusan ribu orang memadati jalan di ibu kota Inggris itu untuk menuntut langkah tegas Perdana Menteri Rishi Sunak.

Inggris merupakan salah satu negara yang mendukung Israel. Mereka juga mendukung dalih pemerintahan Benjamin Netanyahu yang menyebut “bela diri” sebagai alasan menggempur Palestina. Kemudian pada Oktober, warga juga berdemonstrasi menuntut penghentian agresi Israel di Palestina.

Israel melancarkan agresi ke Palestina sejak 7 Oktober. Sepanjang operas ini, mereka menyerang warga dan objek sipil. Imbas serangan itu, lebih dari 14.800 orang meninggal.

Demo terbaru di London berlangsung usai Israel dan Hamas sepakat gencatan senjata selama empat hari. Gencatan senjata resmi diterapkan mulai 24 November. Kesepakatan ini mencakup jeda pertempuran, lebih banyak bantuan yang masuk, hingga pertukaran sandera atau tahanan di kedua pihak.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments