Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita Nasional3 Pasangan Capres-Cawapres Tiba di Acara Rakornas Bawaslu

3 Pasangan Capres-Cawapres Tiba di Acara Rakornas Bawaslu

Media Indo Pos,Jakarta – Tiga pasangan capres-cawapres tiba di acara Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Hotel Grand Sahid Jaya di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Acara yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama kepolisian dan kejaksaan ini bertujuan untuk mempersiapkan penyelenggaraan Kampanye Pemilu 2024.

Pantauan, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba pada pukul 08.51 WIB. Sementara capres nomor urut 1, Anies Baswedan tiba pukul 09.08 WIB. Keduanya kompak mengenakan jas hitam.

Selanjutnya, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD datang pada 08.56 WIB dengan mengenakan kemeja putih. Tak berselang lama, tepatnya pukul 09.03 WIB, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo tampak tiba dan menggunakan kemeja hitam.

Lalu, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka tampak menunggu capres nomor urut 2, Prabowo Subianto di lobi hotel hingga akhirnya mereka berjalan bersama menuju tempat acara di lantai dua pada pukul 09.13 WIB.

Selain itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sudah hadir dalam ruangan acara ini. Acara ini mengangkat tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat”.

Pada hari yang sama Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan menggelar acara Deklarasi Kampanye Pemilu 2024 Damai. Acara digelar di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pukul 14.00 WIB.

“KPU akan mengadakan deklarasi kampanye damai. Deklarasi kampanye damai tersebut akan dihadiri oleh seluruh peserta pemilu tingkat nasional,” ujar Komisioner KPU RI, Idham Holik saat dihubungi, Senin (27/11).

KPU turut mengundang pemerintah, Polri, dan TNI dalam acara deklarasi tersebut. Masa kampanye Pilpres 2024 akan dimulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Selama masa kampanye, KPU akan menggelar debat capres-cawapres Pilpres 2024 sebanyak lima kali. Hal itu tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

Debat itu akan ditayangkan dalam stasiun TV nasional dengan total durasi 150 menit. Selanjutnya, terdapat masa tenang. Pemungutan suara bakal digelar pada 14 Februari 2024. KPU telah menetapkan capres-cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Para calon juga sudah mendapat nomor urut.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming nomor urut 2, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments