Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita NasionalKetua Bawaslu Klaim Tak Pandang Bulu Tegakkan Aturan di Pilpres 2024

Ketua Bawaslu Klaim Tak Pandang Bulu Tegakkan Aturan di Pilpres 2024

Media Indo Pos,Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengklaim tidak akan pandang bulu menegakkan aturan terkait penyelenggaraan Pilpres 2024 kepada para tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Tiga paslon yang bertanding di 2024 yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Kami harus yakinkan kepada peserta pemilu bahwa Badan Pengawas Pemilu dari tingkat pusat sampai nanti ketika ada pemakai TPS tidak akan pandang bulu, tidak akan pilih kasih dalam menegakkan peraturan perundang-undangan,” kata Bagja saat Deklarasi Kampanye Damai Tertib dan Taat Hukum peserta Pemilu 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Bagja mengajak seluruh peserta Pemilu 2024 menjaga komitmen untuk menggelar kampanye sesuai peraturan undang-undang. Misalnya, tidak menggunakan politik uang dan tidak menyebarkan hoaks.

“Menjauhi tindak politik uang, tidak melakukan politisasi SARA, tidak menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian demi mewujudkan pemilu yang aman, damai dan demokratis,” ujarnya.

Ia mengaku Bawaslu akan mengedepankan upaya pencegahan dan peningkatan pengawasan pemberdayaan masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan pemilu. Selain itu, lanjut Bagja, Panglima TNI dan Kapolri akan menjamin netralitas TNI, Polri, ASN serta seluruh penyelenggara pemilu.

“Yang paling penting adalah seluruh penyelenggara pemilu, kami akan yakinkan kepada peserta pemilu bahwa suara satu di TPS akan bertahan sampai dengan satu di tingkat rekapitulasi nasional nanti,” kata dia.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments