Tuesday, February 27, 2024
HomeTNIDandim 0801/Pacitan Hadiri Puncak Peringatan Hakordia TA 2023 Terpusat di Kecamatan Ngadirojo

Dandim 0801/Pacitan Hadiri Puncak Peringatan Hakordia TA 2023 Terpusat di Kecamatan Ngadirojo

Media Indo Pos,Pacitan – Kali ini, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., menghadiri puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur yang terpusat di Lapangan Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Kamis (21/12/2023).

Dalam sambutannya mewakili Gubernur Jawa Timur, Akhmad Jazuli menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memerangi korupsi yang menjadi ancaman serius bagi pembangunan yang berkelanjutan.  Ia menyampaikan bahwa partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah daerah sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi.

Sejumlah kegiatan menarik menghiasi peringatan Hakordia ini. Masyarakat setempat turut ambil bagian dalam kegiatan anti-korupsi yang meriah, menyuarakan harapan bersama untuk melawan praktik korupsi di segala lapisan masyarakat.

Tidak hanya itu, kehadiran Akhmad Jazuli yang mewakili Gubernur Jawa Timur menjadi motivasi bagi peserta dan masyarakat yang hadir. Ia berpesan, bahwa pemberantasan korupsi tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat. Melalui sinergi ini, diharapkan terwujud tatanan sosial yang bersih dan adil.

Dalam rangkaian acara tersebut, juga diberikan penghargaan atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Penghargaan tersebut menjadi bentuk apresiasi terhadap peran aktif mereka dalam menjaga integritas dan transparansi di berbagai sektor kehidupan.

Hakordia tahun 2023 di Lapangan Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, berhasil menciptakan momentum positif untuk memperkuat semangat perlawanan terhadap korupsi. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan peringatan ini tidak hanya menjadi seremoni tahunan, tetapi juga menjadi langkah konkret menuju masyarakat yang bersih dari korupsi.

Perayaan Hakordia di Pacitan itu bukan tanpa sebab. Pasalnya dua Desa di Pacitan yakni Desa Cangkring Kecamatan Ngadirojo (terbaik I) dan Desa Sedayu Kecamatan Arjosari (terbaik III) meraih penghargaan replikasi Desa Terbaik Anti Korupsi tahun 2023-2024 Provinsi Jawa Timur.

Kedua Desa di Pacitan itu berhasil mengalahkan 48 desa lain di Indonesia dari total 51 peserta Desa Antikorupsi yang diusulkan di Provinsi Jawa Timur. Atas capaian itu, maka perayaan Hakordia dilaksanakan di Desa Cangkring, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan mengajak kepada semua pihak untuk lebih memberikan pengawasan melekat terkait penggunaan alokasi dana desa yang digelontorkan dari pemerintah pusat, hal itu juga merupakan tindakan nyata pencegahan adanya suatu penyimpangan penyalahgunaan wewenang.

“Tujuan dari peringatan Hari Anti Korupsi adalah untuk mengingatkan bahwa korupsi sebagai musuh yang faktual, sehingga harus diberantas. Mari sama-sama bangun kesadaran untuk menghilangkan dan berupaya untuk mengikis tindak pidana korupsi yang selama ini terjadi,” tambahnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Unit Bagian Asisten Administrasi Umum Provinsi Jatim Dr. H. Akh. Jazuli, SH., M.Si., Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK RI Brigjend Pol Bahtiar Ujang, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Jatim Ir. Budi Sarwoto, M.M., PLT Inspektorat Propinsi Jatim Dr. Drs. Helmi Perdana Putra, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho, S.I.K., M.Si., Camat dan Kades se-Kabupaten Pacitan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments