Tuesday, February 27, 2024
HomeInternationalWorldAmerika Serikat Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Rahasia ke Orbit

Amerika Serikat Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Rahasia ke Orbit

Media Indo Pos,Florida – Pesawat luar angkasa robot X-37B yang dirahasiakan Amerika Serikat (AS) meluncur dari Florida dalam misi ketujuh ke orbit luar angkasa. Ini menjadi peluncuran pertama dengan menggunakan roket Falcon Heavy buatan SpaceX yang mampu melesat ke orbit luar angkasa yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (29/12/2023), roket Falcon Heavy yang terdiri dari tiga inti roket berbahan bakar cair yang diikat menjadi satu, telah meluncur dari landasan peluncuran di Kennedy Space Center milik NASA dai Cape Canaveral, Florida, pada Kamis (28/12) malam waktu setempat.

Peluncuran ini dilakukan dua minggu setelah kesalahan peluncuran dan penundaan yang dipicu cuaca buruk serta masalah teknis yang tidak diduga, yang membuat awak darat mengembalikan pesawat luar angkasa itu ke hanggarnya sebelum melanjutkan prosesnya pada Kamis (28/12) malam.

Peluncuran ini juga terjadi dua pekan setelah pesawat luar angkasa robot milik China, yang disebut Shenlong, diluncurkan pada misi ketiga ke orbit luar angkasa sejak tahun 2020. Hal tersebut menambah babak baru dalam persaingan yang semakin meningkat antara Washington dan Beijing di luar angkasa.

Pesawat luar angkasa robot X-37B disebut penuh rahasia karena Pentagon hanya mengungkapkan sedikit rincian soal misinya, yang dilakukan oleh Angkatan Luar Angkasa AS di bawah program militer bernama Peluncuran Luar Angkasa Keamanan nasional.

Kendaraan luar angkasa buatan Boeing itu diperkirakan berukuran sebesar bus kecil dan berbentuk menyerupai miniatur pesawat ulang-alik. Pesawat luar angkasa robot itu dibuat untuk pengerahan berbagai muatan dan melakukan eksperimen teknologi pada penerbangan orbit jangka panjang.

Pada akhir misinya, pesawat luar angkasa robot itu akan turun kembali melalui atmosfer dan mendarat di landasan pacu seperti pesawat terbang. Pesawat luar angkasa robot itu telah menjalani enam misi sebelumnya sejak tahun 2010 lalu, dengan lima misi pertama menggunakan roket Atlas V dari United Launch Alliance — perusahaan gabungan Boeing dan Lockheed Martin, dan misi keenam menggunakan roket Falcon 9 buatan SpaceX.

Misi terbarunya yang diluncurkan pada Kamis (28/12) waktu setempat menandai peluncuran pertama dengan roket Falcon Heavy buatan SpaceX yang lebih kuat, mampu membawa muatan yang lebih berat daripada X-37B lebih jauh ke luar angkasa.

Diperkirakan bahwa roket Falcon Heavy bisa membawa X-37B hingga ke orbit geosynchronous yang berada di ketinggian lebih dari 35.000 kilometer di atas permukaan Bumi.

X-37 B, yang juga disebut Orbital Test Vehicle, sebelumnya hanya digunakan untuk penerbangan pada orbit rendah Bumi pada ketinggi di bawah 2.000 kilometer.

Pentagon tidak menyebut seberapa tinggi pesawat luar angkasa robot itu akan mengudara kali ini. Namun dalam pernyataan bulan lalu, Air Force Rapid Capabilities Office mengatakan bahwa misi nomor 7 akan melibatkan pengujian “rezim orbit baru, bereksperimen dengan teknologi kesadaran domain luar angkasa di masa depan”.

Komentar semacam itu membuat para analis dan pelacak luar angkasa amatir berspekulasi bahwa X-37 B mungkin akan menuju ke orbit yang sangat elips di sekitar Bumi atau bahkan jalur yang bisa mengayunkannya ke sekitar Bulan, wilayah luar angkasa di mana Pentagon menaruh perhatian besar.

Belum ada pernyataan resmi dari AS soal apakah X-37B berhasil mencapai orbit setelah peluncuran. Rencana durasi misi terbaru X-37B ini juga tidak diumumkan ke publik. Namun diperkirakan akan berlangsung hingga Juni 2026 atau lebih, mengingat pola penerbangan yang lebih lama secara berturut-turut.

Pada misi terakhirnya, X-37B mampu tetap berada di orbit selama lebih dari dua tahun sebelum mendarat di Bumi pada November 2022.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments