Saturday, March 2, 2024
HomeBerita NasionalSebut Ibunya Ditahan Majikan di Jeddah, Warga Serang Minta Kemlu Turun Tangan

Sebut Ibunya Ditahan Majikan di Jeddah, Warga Serang Minta Kemlu Turun Tangan

Media Indo Pos,Serang – Warga Serang bernama Bayu Permana (35) berharap pemerintah membantu memulangkan Maemuroh (69), TKI yang 16 tahun tidak pulang ke Serang, Banten. Bayu yang merupakan anak dari Maemuroh mengatakan sudah melaporkan mengenai ibunya ke Kementerian Luar Negeri melalui Direktorat PWNI.

“Iya sudah lapor, mohon semoga segera dapat membantu,” kata Bayu ke wartawan di Serang, Jumat (19/1/2023).

Bayu mengatakan sudah melayangkan surat dan datang langsung ke Direktorat PWNI pada 28 Agustus 2023. Dia memohon agar ibunya dipulangkan karena sudah tidak kuat bekerja dengan majikannya di Jeddah. “Sekarang kondisi ibu sudah tua,” katanya.

Bayu menyebut selama 16 tahun, ibundanya ditahan oleh majikan di Jeddah. Bayu menuturkan, ibunya melewati momen penting yang terjadi di Serang. Salah satunya yakni tidak bisa hadir saat putra pertama ibundanya meninggal.

“Anak pertama meninggal, nggak datang ibu. Cucu-cucunya sudah pada gede-gede. Nikah anaknya nggak tahu, anaknya meninggal nggak tahu,” ujarnya.

Bayu mengatakan sudah beberapa kali menanyakan melalui Hotline PWNI. Namun, Bayu kerap mendapat jawaban penanganan masih dalam proses. “Saya memohon kepada pemerintah agar segera dipulangkan, ibu saya sudah lama, sudah 20 tahun lamanya di Arab Saudi. Mohon para pemerintah untuk membantu kepulangan,” ujarnya.

Bayu menceritakan kondisi ibunya yang bekerja di Jeddah. Terakhir, lanjut dia, ibunya berangkat ke Arab Saudi tahun 2004 atau 20 tahun lalu. Pada 2008 Maemuroh pulang ke Serang dan kembali ke Saudi. “Dari 2008 nggak pulang sampai sekarang, nggak ada kejelasan lagi sampai sekarang,” ujarnya.

Bayu mengatakan ibunya diberangkatkan oleh salah satu perusahaan. Ibunya dibayar 600 real sebulan. “Pengen pulang banget itu, di videonya ibu pengen pulang. Majikannya nggak mau mulangin, di sana nggak layak, 20 tahun nggak pernah lihat obat, kalau mau pulang ada ancaman. Katanya sana kabur, nanti ditangkap sama polisi,” kata Bayu.(Red)

Sumber: detikcom

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments