Monday, March 4, 2024
HomeBerita Nasional5 Hal Soal Medan Zoo Ditutup Karena Pembangunan

5 Hal Soal Medan Zoo Ditutup Karena Pembangunan

Media Indo Pos,Jakarta – Medan Zoo bakal ditutup karena adanya pembangunan. Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah bersepakat dengan Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) terkait penutupan sementara Medan Zoo. Belakangan ini diketahui kondisi Medan Zoo cukup memprihatinkan. Berikut informasi selengkapnya.

1. Medan Zoo Ditutup Sementara
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan sudah bertemu dengan Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah. Mereka menyepakati akan menutup Medan Zoo untuk sementara.

“Kita sudah sepakat, sudah menyampaikan kepada Ketua Pertimbangan Kebun Binatang Pak Rakhmat Shah, kita akan tutup itu,” kata Bobby Nasution di Medan, seperti dilansir dari detikSumut, Kamis (18/1/2024).

2. Alasan Penutupan
Medan Zoo ditutup karena akan dilakukan pembangunan di lokasi tersebut. Namun Bobby Nasution tidak merinci pembangunan seperti apa yang akan dilakukan.

“Kita akan tutup Medan Zoo, tapi karena pembangunan,” ucapnya.

Pembangunan Medan Zoo akan dilakukan dalam waktu dekat. Tahapan pembangunan akan segera dilakukan. “Sebentar lagi kita mulai pembangunannya,” tutupnya.

3. Kondisi Medan Zoo Memprihatinkan
Medan Zoo, yang merupakan salah satu unit usaha milik Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan, menjadi sorotan. Dalam dua bulan terakhir, sebanyak tiga ekor harimau mati di lokasi tersebut.

Kondisi kandang satwa di Medan Zoo juga cukup memprihatinkan. Bahkan Medan Zoo harus berutang pakan dan gaji pegawai tidak dibayarkan.

4. Penutupan Medan Zoo Tunggu SK dari Bobby
Wali Kota Medan Bobby Nasution memutuskan untuk menutup sementara Medan Zoo. Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan sebagai pengelola masih menunggu surat dari Bobby untuk menutup Medan Zoo.

“Yang pastinya kapan (ditutup) kita nunggu suratnya dari Pak Wali dulu. Namun begitu pun, tadi saya sampaikan adalah itu salah satu opsi dari PKBSI,” kata Pjs Dirut PUD Pembangunan Medan Bambang Hendarto, Jumat (19/1/2023).

“Saya sih senada dengan Pak Wali, artinya itu merupakan opsi, kalaupun itu ditutup, kita akan menunggu surat keputusan (SK) dari Pak Wali kalau misalnya Medan Zoo ini harus ditutup sementara,” imbuhnya.

5. Dicari Orang Tua Asuh untuk Hewan Medan Zoo
Satwa di Medan Zoo sempat kesulitan mendapatkan makan. Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan sebagai pengelola akan mencari orang tua asuh untuk memberi satwa makan.

“Kita juga sedang melakukan lobi-lobi dengan perusahaan-perusahaan yang punya nurani, punya empati terhadap kesejahteraan satwa,” kata Pjs Dirut PUD Pembangunan Medan Bambang Hendarto, Jumat (19/1/2024).

Kerja sama yang ditawarkan dalam bentuk orang tua asuh. Dia berharap ada perusahaan atau pribadi yang berkenan.

“Rencana kita untuk melakukan kerja sama dalam bentuk orang tua asuh,” ucapnya.

Saat ini, ada 116 satwa yang berada di Medan Zoo. Orang tua asuh akan membiayai satwa-satwa tersebut, mulai dari revitalisasi kandang hingga pakan dan kesehatan satwa.

“Hari ini kan di sana tinggal 116 kurang lebih satwa kita, kita tawarkan yang mana yang mau jadi orang tua asuh. (Nanti orang tua asuh yang akan membiayai) termasuk pakannya, kesejahteraannya, kesehatannya, termasuk juga untuk kepentingan revitalisasi kandangnya,” ujarnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments