Tuesday, July 16, 2024
HomeBerita NasionalPrabowo Janji Bangun SMA Taruna Nusantara ke Masyarakat Dayak

Prabowo Janji Bangun SMA Taruna Nusantara ke Masyarakat Dayak

Media Indo Pos,Pontianak – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji membangun satu SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan. Janji disampaikan saat Prabowo hadiri Bahaump Bide Bahana Pasukan Merah TBRR di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1).

“Saya sedang membangun satu SMA Taruna Nusantara di Jawa Barat, kemudian saya sedang membangun satu SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, di Sulawesi Selatan dan akan membangun satu SMA taruna Nusantara di Pulau Kalimantan,” ujar Prabowo.

Janji itu diberikan setelah mendengar permintaan dari Pimpinan Pasukan Merah TBRR Panglima Jilah mengenai negara mengakomodasikan peningkatan sumber daya manusia bagi anak-anak Suku Dayak.

“Khususnya di daerah pedalaman, agar mendapatkan fasilitas pendidikan yang setara dengan anak-anak kota besar,” kata Panglima Jilah.

Setelah mendengar permintaan itu, Prabowo yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan menjelaskan mengungkapkan ada sekolah binaan Menhan, yakni SMA Taruna Nusantara, yang kini sudah ada satu di Magelang, Jawa Tengah.

Prabowo mengungkapkan Kementerian Pertahanan berencana untuk membangun beberapa SMA Nusantara di berbagai provinsi, termasuk di Kalimantan. Ia mengaku akan meminta petunjuk dari Presiden Jokowi untuk lokasi SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan.

Selagi menunggu pembangunan, ia berjanji bantu putra-putri dari Suku Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang.

“Saya perkirakan bakal selesai sekitar Oktober 2024, sebelum itu kalau ada anak-anak Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya siap menjemput mereka,” kata Prabowo.

Permudah masuk TNI
Selain janji bangun SMA Taruna Nusantara, Prabowo juga mendukung permintaan agar anak-anak Suku Dayak dipermudah masuk TNI. Ia mengaku pernah rapat dengan Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan.

Hal tersebut sudah dibahas sebab seorang anggota DPR dari Kalimantan dalam rapat meminta pertimbangan khusus bagi anak-anak dari Suku Dayak untuk masuk TNI.

“Saya sebagai Menteri Pertahanan sudah bicara di Komisi I DPR, waktu itu ada wakil dari Kalimantan meminta untuk persyaratan masuk TNI, supaya ada pertimbangan khusus untuk suku-suku Dayak, dan saya sudah mengatakan bahwa saya mendukung permintaan itu,” ungkap Prabowo.

Prabowo mengaku memahami keinginan dari masyarakat Dayak. Menurutnya, selama ini, masyarakat dayak telah mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membela Indonesia.

Ia mengenang ketika masih aktif sebagai prajurit TNI, banyak dibantu oleh sukarelawan dari suku dayak. Prabowo mengatakan sukarelawan dari Suku Dayak itu membantu tanpa digaji dan tanpa ada surat keputusan.

“Saya diajarkan dulu sukarelawan-sukarelawan dayak dan mereka ikut saya, kita operasi di Timor Timur dan di tempat lain mereka mengajarkan kita, ilmu hidup di hutan, bertahan hidup di hutan, ilmu berburu, ilmu membaca jejak, dan ilmu-ilmu perang,” kata Prabowo.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments