Monday, March 4, 2024
HomeSportPutri Handayani, Orang RI Pertama Jelajahi Kutub Selatan

Putri Handayani, Orang RI Pertama Jelajahi Kutub Selatan

Media Indo Pos,Jakarta – Dian Syahputri Fitri Handayani atau dikenal Putri Handayani baru saja menjejakkan kaki di titik paling selatan bumi di Kutub Selatan, Antartika. Dia berambisi melanjutkan penjelajahan ke kutub utara.

Putri menyelesaikan penjelajahan ke Kutub Selatan pada 28 Desember 2023, pukul 13.00 siang waktu Punta Arena, Cile. Dia berjalan dengan menggunakan ski sambil menarik 30 kg sled dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S, menembus cuaca ekstrem dan salju.

Putri menandai keberhasilannya itu dengan mengibarkan Merah Putih bersanding dengan bendera negara-negara lain. Pencapaian itu sekaligus menjadikannya sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan berjalan menggunakan ski.

Kutub Selatan menjadi titik ekstrem keenam yang dijejaki perempuan asal Serdang, Sumatera Utara itu. Lima titik lain adalah Gunung Kilimanjaro pada Februari 2016, Gunung Carstensz Pyramid pada Agustus 2016, kemudian Gunung Elbrus pada Juli 2017, Aconcagua pada Februari 2018, dan Denali pada Juni 2022.

Andai mampu menyelesaikan perjalanan di Kutub Utara dan tiga puncak tertinggi dunia lainnya, Gunung Vinson Massif dan Gunung Everest, Putri bakal masuk dalam jajaran The Explorer’s Grand Slam.

Belum sampai 100 orang meraih titel The Explorer’s Grand Slam. Sejauh ini baru 73 orang yang telah menyelesaikan perjalanan panjang nan mahal itu. Di dalam jumlah itu, tak lebih dari 30 di antaranya adalah perempuan.

“Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole. Lelah, haru dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apa lagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini,” ujar Putri di gedung Kemenpora, Jumat (19/1/2024) malam.

Putri, yang berasal dari Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumutera Utara itu ingin menggapai grand slam, adalah pendakian seven summit lalu ditambah perjalanan di titik Kutub Utara dan Selatan.

Alumni Kapa Fakultas Teknik Universitas Indonesia itu memulai pendakian grand slam menggunakan dana pribadi dan hanya ikut pendakian massal terbuka. Tidak sekadar mendaki gunung, Putri juga membuat 70 ruang kelas di kaki gunung yang ia daki.

“Kalau di Indonesia pasti di Papua. Saya berhenti pekerjaan di Dubai sebagai teknisi kontraktor minyak Schlumberger demi mewujudkan impian saya ini,” kata Putri 2017.

Tiga PR Putri Handayani untuk masuk jajaran The Explorer’s Grand Slam:
1. Kutub Utara 90°N pada April 2024
2. Gunung Vinson Massif pada Desember 2024
3. Gunung Everest pada April-Mei 2025.

6 Penjelajahan Putri Handayani menuju The Explorer’s Grand Slam sejauh ini:
1. Gunung Kilimanjaro Februari 2016
2. Gunung Carstensz Pyramid Agustus 2016
3. Gunung Elbrus Juli 2017
4. Aconcagua Februari 2018
5. Denali Juni 2022
6. Kutub Selatan 90°S Desember 2023.

(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments