Friday, February 23, 2024
HomeInternationalWorldBelasan Roket Hantam Pangkalan Koalisi Militer Amerika Serikat di Irak

Belasan Roket Hantam Pangkalan Koalisi Militer Amerika Serikat di Irak

Media Indo Pos,Jakarta – Sedikitnya selusin rudal ditembakkan ke pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak barat, Sabtu (20/1).

“Pangkalan udara Al-Asad menjadi sasaran 15 roket yang ditembakkan dari provinsi Anbar, yang merupakan lokasi pangkalan militer tersebut,” kata seorang pejabat polisi Irak dari wilayah tersebut.

Dia mengatakan 13 proyektil ditembak jatuh oleh pertahanan anti-rudal, namun “dua di antaranya jatuh di pangkalan udara”.

Seorang pejabat pertahanan AS, yang juga meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengkonfirmasi bahwa “rudal-rudal tersebut menghantam pangkalan udara Al-Asad”, dan menambahkan bahwa penilaian kerusakan bersama sedang dilakukan dengan pasukan koalisi dan Irak.

Pejabat Amerika tersebut mengatakan bahwa laporan awal mengindikasikan bahwa seorang anggota pasukan keamanan Irak terluka parah, dikutip dari AFP.

Serangan terhadap pangkalan udara tersebut terjadi di tengah-tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah pecahnya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober lalu.

Pada hari Sabtu, lima anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran terbunuh dalam sebuah serangan di Damaskus yang dituduhkan oleh Teheran kepada Israel dan mengancam akan melakukan pembalasan.

Iran juga melancarkan serangan mematikan di wilayah otonom Kurdistan di Irak utara pada Senin kemarin. Iran mengatakan mereka menargetkan sebuah situs yang digunakan oleh “mata-mata rezim Zionis (Mossad)”.

Sejak pertengahan Oktober, telah terjadi puluhan serangan terhadap pasukan AS dan koalisi di Irak dan Suriah, yang dikerahkan di sana untuk memerangi para jihadis kelompok Negara Islam.

Mayoritas serangan telah diklaim oleh “Perlawanan Islam di Irak”, sebuah aliansi longgar dari kelompok-kelompok bersenjata yang terkait dengan Iran yang menentang dukungan AS untuk Israel dalam perang Gaza.

Washington telah beberapa kali melancarkan serangannya sendiri sebagai pembalasan.

Ada sekitar 2.500 tentara AS di Irak dan sekitar 900 tentara di Suriah.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments