Friday, February 23, 2024
HomeBerita NasionalKPK Terima Laporan Dugaan Gratifikasi Denny Siregar: Tunggu Dilengkapi

KPK Terima Laporan Dugaan Gratifikasi Denny Siregar: Tunggu Dilengkapi

Media Indo Pos,Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan dugaan korupsi yang menyeret Telkomsel dan Denny Siregar. Laporan itu terkait dugaan bantuan dalam bentuk sponsorship sejumlah Rp51 miliar.

Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan laporan tersebut akan ditindaklanjuti. Kepedulian masyarakat dalam melaporkan kasus korupsi merupakan langkah nyata membantu KPK. Meski demikian, Fikri juga menyebut setiap laporan dugaan korupsi harus disertai bukti permulaan sebagai syaratnya.

“Ada laporannya, itu ada laporannya ke aduan masyarakat. Tetapi memang itu hanya sebuah kertas dan sebelum ada data lengkap, sehingga harus dilengkapi dengan data sebagaimana aturan mengenai syarat-syarat tahapan laporan,” kata Ali, Minggu (21/1).

Laporan terkait dugaan gratifikasi Telkomsel kepada Denny Siregar diajukan oleh beberapa pihak yang terafiliasi dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Aktivis HMI juga sempat melakukan aksi damai ke KPK sebelum mengajukan tuntutan.

Dugaan tersebut awalnya diungkap oleh akun Twitter @logikapolitik yang mengklaim kerja sama ini untuk menutupi kasus kebocoran data dengan korban Denny Siregar yang dilakukan oleh pegawai Telkomsel di Surabaya. Pelaku kasus ini divonis delapan bulan penjara.

Setelah kasus itu bergulir, Denny mengajukan gugatan perdata sebesar Rp1 triliun kepada Telkomsel dengan menggandeng pengacara beken Otto Hasibuan. Saat proses persidangan, Komisaris Telkomsel Wihsnu Utama dan Andi Wibowo melakukan mediasi antara pihak Denny dengan Telkomsel.

Menurut akun @logikapolitik, Denny menurunkan tuntutannya menjadi Rp100 miliar karena tidak mendapat respon positif dari Telkomsel. Namun Telkomsel tidak menanggapi permintaan tersebut.

Disebutkan, pada 14 Desember 2023, Telkomsel akhirnya mengajukan kesepakatan damai berupa kolaborasi film dengan Denny Siregar senilai total Rp80 miliar untuk delapan film. Hal itu terungkap dalam tangkapan layar kontrak kerja sama kedua pihak yang diunggah akun @logikapolitik.(Red)

Sumber: wartaekonomi[.]co[.]id, indobisnis[.]co[.]id

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments