Friday, February 23, 2024
HomeBerita NasionalPenyuap Eddy Hiariej Cabut Gugatan Praperadilan Lawan KPK

Penyuap Eddy Hiariej Cabut Gugatan Praperadilan Lawan KPK

Media Indo Pos,Jakarta – Direktur Utama PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Helmut Hermawan, mencabut gugatan praperadilan atas penetapan status tersangkanya oleh KPK. Helmut mencabut gugatan praperadilan yang sempat dilayangkannya Pengadilan Jakarta Selatan. Hal itu dikonfirmasi oleh Pejabat Humas PN Jaksel, Djuyamto. Dia menuturkan, pencabutan gugatan dilakukan pada Selasa, (23/1/2024) kemarin.

“Betul sudah dicabut (gugatannya), kemarin,” kata Djuyamto saat dikonfirmasi, Rabu (24/1/2024).

Sebelumnya diberitakan, Helmut Hermawan mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Helmut melawan status tersangka yang diterimanya dari KPK.

Berdasarkan informasi dari SIPP PN Jakarta Selatan seperti dilihat, Kamis (11/1/2024), gugatan praperadilan dari Helmut itu telah terdaftar sejak Rabu (10/1). Gugatan itu teregister dengan nomor perkara 4/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL.

“Klasifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka,” bunyi keterangan gugatan praperadilan Helmut. Pemohon dari gugatan itu ialah Helmut Hermawan. Sementara KPK tertera sebagai pihak termohon.

Sebagai informasi, Helmut Hermawan saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK. Helmut disebut berperan sebagai penyuap mantan Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan Eddy menerima suap dari Helmut Hermawan. Eddy, menurut Alex, menerima suap dan gratifikasi melalui Yosi Andika Mulyadi selaku pengacara Eddy dan Yogie Arie Rukmana selaku asisten pribadi Eddy.

“Berawal dari terjadinya sengketa dan perselisihan internal di PT CLM dari tahun 2019 sampai 2022 terkait status kepemilikan. Untuk menyelesaikan sengketa tersebut, HH selaku Direktur Utama PT CLM berinisiatif untuk mencari konsultan hukum dan sesuai rekomendasi yang diperoleh yang tepat adalah EOSH. Sebagai tindak lanjutnya, sekitar April 2022, dilakukan pertemuan di rumah dinas,” kata Alex kepada wartawan di KPK, Kamis (7/12).(Red)

Sumber: detikcom

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments