Wednesday, February 28, 2024
HomeBerita NasionalSyarief Hasan Dorong Anak Muda Manfaatkan Era Digital Berwirausaha

Syarief Hasan Dorong Anak Muda Manfaatkan Era Digital Berwirausaha

Media Indo Pos,Jakarta – Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mendorong anak-anak muda untuk menggunakan kesempatan dan peluang yang ada guna menjadi entrepreneur (milenial preneur). Ekonomi yang semakin terbuka seperti sekarang ini merupakan sebuah opportunity (kesempatan) dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi wiraswasta (pengusaha atau entrepreneur).

“Di ekonomi terbuka ini, para milenial preneur tidak lagi mempersoalkan pasar, karena pasar sudah tidak ada lagi batasnya. Kita bisa memasarkan produk ke luar, dan Indonesia juga dibanjiri produk dari luar,” ujar Syarief dalam keterangannya, Sabtu (27/1/2024).

Menurut Syarief Hasan di era digital ini, anak-anak muda berkesempatan untuk menguasai teknologi. Selain itu, mereka bisa memanfaatkan teknologi informasi itu untuk hal-hal yang positif.

“Era digital ini merupakan sebuah kesempatan dan peluang. Anak-anak muda biasanya cepat adaptif dengan perkembangan teknologi informasi. Kita tinggal mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkan situasi ini menjadi seorang wiraswasta,” tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan dengan penguasaan teknologi informasi maka kewirausahaan di kalangan milenial bisa ditumbuhkan. “Caranya adalah melalui pendampingan kepada milenial, memberikan kemudahan kepada mereka. Kita dampingi para milenial ini hingga pemasaran produk. Dengan cara seperti ini, para milenial preneur mendapatkan kesempatan yang lebih luas,” kata Syarief.

Syarief Hasan mengungkapkan perkembangan ekonomi digital sangat pesat. Karena itu, anak-anak muda agar memanfaatkan ekonomi digital ini melalui kegiatan-kegiatan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen, menjadi sebuah opportunity bagi pelaku-pelaku di sektor ekonomi digital. Anak-anak muda memiliki kemampuan adaptif dengan ekonomi digital ini,” ujarnya.

Syarief Hasan berharap kesempatan di era digital ini dapat dimanfaatkan untuk menaikkan tingkat kehidupan ekonomi anak-anak muda. Bagi mereka yang sudah bekerja, dapat meningkatkan kapasitasnya di bidang kewirausahaan. Sementara itu, yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah bisa menekuni pengetahuan di bidang entrepreneur.

“Semua harus melewati proses. Apalagi anak-anak muda adalah generasi yang tahan banting, karena kalau mengalami kegagalan akan cepat bangkit kembali. Penting dicatat, pengusaha yang sukses pernah gagal,” tuturnya.

Terakhir, Syarief Hasan meyakini generasi muda atau generasi milenial memiliki kekuatan dan kemampuan menghadapi segala tantangan yang ada. “Jadi peluang dan kesempatan di era digital ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama bagi anak-anak muda, generasi milenial yang ingin meniti karir di bidang kewirausahaan,” pungkasnya.

Dorongan kepada para Gen Z untuk menjadi milenial preneur tersebut disampaikan Syarief Hasan saat menjadi narasumber dalam ‘Ngobrol Bareng Bersama Legislator’ dengan tema ‘Milenial Preneur: Ekonomi Digital dan Kewirausahaan Bagi Anak Muda’ di Gedung Sinar Sunda, Cianjur, Jumat (26/1). Turut berbicara narasumber lain dari Universitas Suryakancana Cianjur yaitu Hesti Dwi Astuti dan M. Budi Mulyadi.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments