Saturday, March 2, 2024
HomeInternationalWorldIran Eksekusi Mati 4 Orang Diduga Mata-Mata Israel

Iran Eksekusi Mati 4 Orang Diduga Mata-Mata Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Iran mengeksekusi empat orang yang diduga menjadi mata-mata untuk Israel dan berencana mengebom pabrik senjata di kota Isfahan, Senin (29/1).

Mereka yang dihukum mati yakni Mohammad Faramarzi, Mohsen Mazloum, Wafa Azarbar, dan Pejman Fatehi, demikian dikutip dari AFP.

Pihak berwenang Iran menangkap keempat orang itu pada Agustus 2023 dengan tuduhan rencana pengeboman pabrik milik Kementerian Pertahanan.

Menurut laporan media lokal, Iran menuding keempat orang tersebut direkrut Israel dan dilatih di Afrika.

Mereka kemudian bertemu dengan pimpinan badan intelijen Israel Mossad, David Barnea. Keempat orang tersebut lalu melakukan perjalanan ke Iran via Kurdi, Irak.

Eksekusi ini terjadi beberapa hari usai Iran mengeksekusi seorang demonstran yang ditahan selama demonstrasi Mahsa Amini pada 2022. Iran kerap mengeksekusi orang-orang yang dituduh menjadi agen spionase Israel.

Pada Desember lalu, Iran mengeksekusi empat laki-laki yang dituduh bekerja untuk Mossad di Teheran dan provinsi Azerbaijan Barat dan Hormozgan. Iran adalah salah satu negara yang melakukan eksekusi mati terbesar di dunia.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments