Friday, April 19, 2024
HomeInternationalWorldRusia Undang Faksi-faksi Palestina Bertemu Pekan Depan

Rusia Undang Faksi-faksi Palestina Bertemu Pekan Depan

Media Indo Pos,Ramallah – Rusia mengundang faksi-faksi Palestina untuk bertemu di Moskow pada Senin (26/2) pekan depan. Otoritas Palestina menyatakan siap untuk hadir dan terlibat dengan Hamas dalam pertemuan itu.

“Rusia telah mengundang semua faksi Palestina yang akan bertemu pada tanggal 26 bulan ini di Moskow,” ucap Perdana Menteri (PM) Otoritas Palestina, Mohammad Shtayyeh, saat berbicara di Konferensi Keamanan Munich, seperti dilansir dari Reuters, Senin (19/2/2024).

“Kami akan melihat apakah Hamas siap untuk turun tangan bersama kami,” imbuhnya.

“Kami siap untuk terlibat. Jika Hamas tidak melakukannya, maka akan lain ceritanya. Kami membutuhkan persatuan Palestina,” ujar Shtayyeh dalam pernyataannya.

Dia menambahkan bahwa Hamas perlu memenuhi pra-syarat tertentu jika ingin menjadi bagian dari persatuan Palestina.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Rusia Mikhail Bogdanov mengumumkan, pada akhir pekan, bahwa Moskow mengundang Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya, termasuk Fatah yang kini memimpin Otoritas Palestina, untuk bertemu di ibu kota Rusia itu guna membahas soal perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Pertemuan itu, menurut Bogdanov, juga akan membahas soal isu-isu lainnya di kawasan Timur Tengah. Bogdanov mengumumkan bahwa Rusia telah mengundang belasan kelompok Palestina ke Moskow untuk menghadiri pembicaraan “antar-Palestina” yang akan digelar mulai 29 Februaru mendatang.

Kelompok itu mencakup Hamas dan Jihad Islam yang bermarkas di Jalur Gaza, juga perwakilan Fatah dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang lebih luas.

“Kami mengundang seluruh perwakilan Palestina — semua kekuatan politik yang memiliki posisi masng-masing di berbagai negara, termasuk Suriah, Lebanon, dan negara-negara lainnya di kawasan ini,” ucap Bogdanov yang juga menjabat utusan khusus Presiden Vladimir Putin untuk Timur Tengah, seperti dikutip dari TASS.

Belum ada tanggapan dari Hamas atas undangan Moskow tersebut. Rusia yang selama bertahun-tahun berusaha menjalin hubungan baik dengan semua pemain utama di kawasan, saat ini semakin kritis terhadap Israel dan pendukung Baratnya di tengah perang yang berkecamuk di Jalur Gaza.

Putin telah menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza dan Moskow berulang kali mengkritik serangan Israel terhadap daerah kantong Palestina tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments