Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalHakim Tolak Gugatan Praperadilan MAKI Soal Sidang In Absentia Harun Masiku

Hakim Tolak Gugatan Praperadilan MAKI Soal Sidang In Absentia Harun Masiku

Media Indo Pos,Jakarta – Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terhadap KPK terkait penyidikan buron kasus korupsi Harun Masiku. Hakim tak mengabulkan permohonan MAKI untuk menggelar sidang Harun Masiku secara in absentia (terdakwa tidak hadir).

“Menolak untuk seluruhnya,” kata hakim dalam persidangan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2024).

Hakim mengabulkan eksepsi KPK. Dengan demikian, Harun Masiku tak bisa disidangkan secara in absentia, melainkan harus menunggu ditangkap.

Berikut ini petitum permohonan praperadilan MAKI dkk:
1. Menyatakan menerima dan mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya
2. Menyatakan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berwenang memeriksa dan memutus permohonan pemeriksaan praperadilan atas perkara a quo
3. Menyatakan pemohon sah dan berdasar hukum sebagai pihak ketiga yang berkepentingan untuk mengajukan permohonan praperadilan atas perkara a quo
4. Menyatakan secara hukum TERMOHON telah melakukan penghentian penyidikan secara tidak sah dengan tidak melimpahkan berkas perkara penyidikan Harun Masiku dalam kasus suap Pergantian Antar Waktu (PAW) DPR RI periode 2019-2024, kepada jaksa penuntut umum (JPU) pada Termohon
5. Memerintahkan Termohon untuk melimpahkan berkas perkara penyidikan Harun Masiku dalam kasus suap Pergantian Antar Waktu (PAW) DPR RI periode 2019-2024, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Termohon untuk segera dilakukan sidang in absentia
6. Menghukum Termohon untuk membayar biaya perkara

Subsider:
Memeriksa dan mengadili Permohonan Pemeriksaan Pra Peradilan ini dengan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku (ex aequo et bono).

Harun Masiku merupakan tersangka pemberi suap dalam kasus pergantian antarwaktu anggota DPR RI pada 2019. Dia menjadi buron selama 4 tahun terakhir.

Tersangka lain dalam kasus ini telah dihukum. Mantan Komisioner KPU Wahyu, yang merupakan penerima suap, juga sudah bebas bersyarat dari penjara.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments