Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita Nasional18 Surat Suara DPRD di TPS Sunter Salah Masuk, KPU DKI Sebut...

18 Surat Suara DPRD di TPS Sunter Salah Masuk, KPU DKI Sebut Murni Human Error

Media Indo Pos,Jakarta – Pemungutan suara lanjutan di TPS 147 di Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sempat tertunda lantaran 18 surat suara caleg DPRD yang tertukar. KPU DKI menyatakan peristiwa itu terjadi karena adanya kesalahan penempatan surat suara

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya menjelaskan, surat suara DPRD DKI Jakarta yang seharusnya untuk daerah pemilihan DKI Jakarta 2 ditemukan di dalam salah satu kotak suara di TPS 147.

Adapun TPS 147 termasuk ke dalam dapil DKI Jakarta 3, yang meliputi Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan. Sedangkan dapil DKI Jakarta 2 mencakup Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading.

Kendati begitu, Dody memastikan kendala itu bukanlah surat suara yang tertukar. Melainkan kesalahan penempatan surat suara ini hanya terjadi dalam satu kotak suara di lokasi.

“Ini bukan tertukar, jadi kalau tertukar itu kan ada TPS satu dengan TPS lain tertukar dan ini bukan,” ujar Dody kepada wartawan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (24/2/2024).

Dodi mengatakan, penyebab kesalahan ini adalah faktor kelalaian petugas. Dia menduga petugas terburu-buru ketika mempersiapkan logistik pemilu lanjutan. “Jadi ini teman-teman karena keterbatasan waktu, surat suara yang dimasukkan ke dalam sampul yang tersegel itu salah dapil itu saja, tapi tidak dengan TPS yang lain atau tidak tertukar dengan TPS yang lain. Karena TPS yang lain normal, jadi dia salah masukin surat suara aja jadi murni human error dan kami langsung tindak lanjut,” jelasnya.

Adapun jumlah surat suara yang berbeda dapil itu sebanyak 100 lembar, ditempatkan dalam satu kotak suara yang sama. Dimana, 18 lembar di antaranya sudah tercoblos oleh para pemilih yang mendatangi TPS 147.

“Surat suara langsung diganti, kemudian terhadap pemilih-pemilih yang sudah melakukan pencoblosan, dipanggil kembali kemudian melakukan pemungutan suara kembali,” katanya.

“Nanti surat suara yang sudah terlanjur tercoblos itu, yang salah, tidak akan dihitung sebagai surat suara yang digunakan, jadi tidak sah,” ucap Dody lagi.

Lebih jauh, Dody memastikan permasalahan surat suara ini sudah ditangani dan proses pemilu lanjutan berjalan lancar. Sedangkan pemilih yang sempat mencoblos surat suara berbeda dapil sudah dipanggil kembali dan sebagian besar dari mereka telah mencoblos surat suara yang sesuai dapilnya.

“Terhadap 18 pemilih yang sudah mencoblos dipanggil kembali sekarang sudah sebagian besar menggunakan hak pilih kembali. Pengulangan sudah dilakukan dari 13 orang,” pungkasnya.

Akibat peristiwa itu, diketahui pencoblosan di TPS 147 Sunter sempat tertunda tak lebih dari 30 menit. Sebelumnya diberitakan, belasan tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta Utara (Jakut) menggelar pemungutan suara susulan hari ini. Pemungutan suara susulan dikarenakan dampak banjir yang mengakibatkan logistik pemilu yang rusak terendam air.

Plt Ketua KPU Jakut, Abie Maharullah menuturkan total ada 19 TPS di Jakut yang menggelar pemungutan suara lanjutan hari ini. 19 TPS itu tersebar di Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, sebanyak 12 TPS. Kemudian, 5 TPS di Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, 1 TPS di Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, dan 1 TPS di Kalibaru, Kecamatan Cilincing.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments