Friday, April 12, 2024
HomeHukum & KriminalKKB Tembak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua Tengah

KKB Tembak Pesawat di Bandara Aminggaru Papua Tengah

Media Indo Pos,Puncak – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menembak pesawat yang hendak mendarat di Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Penembakan tersebut membuat penerbangan di Bandara Aminggaru sempat ditutup.

“KKB kembali mengganggu aktivitas penerbangan di Papua dengan melakukan penembakan sebanyak lima kali ke arah pesawat,” ujar Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia dalam keterangannya, Sabtu (24/2/2024).

Insiden penembakan pesawat ini terjadi di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Puncak, pada Jumat (23/2) sekitar pukul 09.30 WIT. Anggota KKB menembak pesawat dari arah Bukit Ular. “Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIT dari arah Bukit Ular,” kata I Nyoman Punia.

I Nyoman Punia mengungkap, usai penembakan tersebut aparat TNI dan Polri melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian. Namun, anggota KKB tersebut telah melarikan diri. “Segera direspons oleh aparat TNI-Polri untuk melakukan penyisiran namun diperkirakan kelompok tersebut telah melarikan diri,” bebernya.

Dia menjelaskan, akibat insiden penembakan ini aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru sempat ditutup. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya aksi susulan yang dilakukan oleh KKB. “Karena insiden tersebut, aktivitas bandara telah dihentikan untuk mencegah terjadinya kejadian yang lebih buruk,” imbuhnya.

I Nyoman menambahkan, pihak aparat pun masih belum mengetahui milik maskapai apa pesawat yang ditembak KKB. Dia menuturkan, aparat juga masih berkoordinasi dengan pihak bandara terkait kerugian pascainsiden ini. “Kami juga belum mengetahui maskapai atau pesawat jenis apa yang menjadi sasaran tersebut,” jelasnya.

Aparat TNI-Polri hingga kini masih bersiaga di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) khususnya di Distrik Ilaga. Aparat melakukan patroli untuk mencegah adanya aksi lanjutan dari kelompok tersebut.

“Personel TNI-Polri masih bersiaga di sekitar bandara dan titik-titik rawan di sekitar Distrik Ilaga untuk mengantisipasi kemungkinan aksi lanjutan dari kelompok tersebut,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments