Friday, April 19, 2024
HomeBerita NasionalBanjir Terjang 3 Kecamatan di Kalimantan Barat, 179 Rumah Terdampak

Banjir Terjang 3 Kecamatan di Kalimantan Barat, 179 Rumah Terdampak

Media Indo Pos,Sintang – Banjir menerjang 3 kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Bencana alam ini menyebabkan 179 rumah warga terdampak.

Banjir yang melumpuhkan aktivitas warga ini terjadi sejak Sabtu (24/2) sekitar pukul 13.00 Wita. Tiga kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Sintang, Kecamatan Dedai, dan Kecamatan Kayan Hilir.

“Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama beberapa hari terakhir di Kalimantan Barat, mengakibatkan banjir di Kabupaten Sintang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (25/2/2024).

Muhari mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun ratusan warga terdampak banjir yang tersebar di 3 kecamatan tersebut. “Kejadian ini menyebabkan sebanyak 597 jiwa dan 179 rumah terdampak, serta 2 fasilitas ibadah dan 1 fasilitas umum juga terendam oleh banjir ini,” tambahnya.

Dia menambahkan, saat ini BPBD Sintang masih melakukan pendataan di lokasi kejadian. Hal ini turut dikoordinasikan dengan pemerintah desa setempat. “Tinggi muka air yang hingga saat ini mencapai 200 cm pada beberapa titik lokasi terdampak,” ucap Muhari.

Muhari menambahkan, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah Kalbar masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Hujan deras diprakirakan terjadi hingga hari ini.

“Berdasarkan laporan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG yang berlaku pada tanggal 24 Februari pukul 07.00-25 Februari 2024 pukul 07.00 menyebutkan bahwa Provinsi Kalimantan Barat berpotensi dilanda hujan lebat dengan status waspada,” paparnya.

Pihaknya pun mengimbau warga agar tetap waspada di tengah cuaca ekstrem saat ini. BNPB mengingatkan agar tetap mengikuti petunjuk dari pemerintah setempat.

“Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan adanya potensi hujan lebat dan selalu mengikuti arahan serta imbauan dari pemerintah daerah setempat dan dinas terkait lainnya,” jelasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments