Friday, April 12, 2024
HomeInternationalWorldRI Serukan Penghentian Pengiriman Senjata ke Israel

RI Serukan Penghentian Pengiriman Senjata ke Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Indonesia mengupayakan perdamaian di Jalur Gaza, Palestina, dengan menyerukan penghentian pengiriman senjata ke Israel. Indonesia juga mengecam Israel yang tahun lalu bicara potensi penggunaan senjata nuklir untuk menghancurkan Gaza.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi saat di Jenewa, Swiss, Senin (26/2) kemarin, sebagaimana dilansir dari situs Kemlu RI, Selasa (27/2/2024).

Saat berbicara di Konferensi Tingkat Tinggi tentang Perlucutan Senjata (High-Level Segment Conference on Disarmament), Indonesia mendesak negara pemilik senjata nuklir untuk memenuhi kewajiban termasuk yang diatur dalam Traktat Non-Proliferasi (NPT).

“Di akhir pernyataan, saya sampaikan kecaman atas wacana penggunaan senjata nuklir oleh Israel untuk mengancam warga Gaza,” kata Retno dalam keterangan persnya.

“Saya juga mendesak dihentikannya pengiriman senjata ke Israel untuk mencegah semakin banyaknya korban jiwa,” lanjutnya.

Konferensi tentang Perlucutan Senjata ini merupakan satu-satunyay forum negosiasi mulitlateral yang membahas perlucutan senjata. Anggota forum ini ada 65 negara, termasuk negara-negara Dewan Keamanan PBB atau P5 yakni China, Prancis, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat. Presiden dari Konferensi Perlucutan Senjata saat ini adalah Indonesia.

“Terakhir, saya sampaikan penyesalan terkait tidak tercapainya kesepakatan mengenai aplikasi Palestina sebagai observer di Conference on Disarmament,” kata Retno.

Soal ancaman nuklir Israel di Gaza, dilansir dari Al Arabiya pada 6 November 2023 lalu, Menteri Warisan Israel, Amihay Eliyahu, melontarkan komentar kontroversial mengenai hal ini. Dia menyebut salah satu cara serangan militer Israel ke Gaza adalah penggunaan senjata nuklir. Sejurus kemudian, Eliyahu dinonaktifkan dari jabatannya oleh Kantor Perdana Menteri Israel.

Hal yang sama juga menjadi satu poin yang disampaikan Indonesia dalam pertemuan Komite Menlu Liga Arab-Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dengan Sekjen PBB yang khusus membahas isu Palestina.

“Saya sampaikan hentikan dukungan dan pengiriman senjata kepada Israel dan sebagai penutup, saya sampaikan bahwa kita harus terus bersama, kita harus terus bekerjasama untuk memerangi ketidakadilan yang sudah berlangsung sangat lama bagi bangsa Palestina,” kata Retno.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments