Friday, April 12, 2024
HomeTNIGandeng BPBD, Satgas TMMD ke-119 Berikan Penyuluhan Tentang Mitigasi Bencana

Gandeng BPBD, Satgas TMMD ke-119 Berikan Penyuluhan Tentang Mitigasi Bencana

Media Indo Pos,Majalengka – Satgas TMMD ke-119 Kodim 0617/Majalengka menggandeng BPBD Kabupaten Majalengka, pada Sabtu (2/3/2024) dalam pelaksanaan kegiatan non fisik memberikan penyuluhan tentang pencegahan bencana alam dan non alam, yang bertempat di Blok Wiranyana Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka.

Acara tersebut diselenggarakan oleh satgas TMMD ke-119 bersama tim penyuluhan dari BPBD Kabupaten Majalengka. Kegiatan tersebut bertempat di Mushala Blok Wiranyana Desa Cipasung, dengan pembawa materi Kabid Pencegahan Bencal Ade Solihin dan Staf Pudalops BPBD Majalengka Feri, didampingi oleh Pasiter Kodim 0617/Majalengka Kapten Inf. Mastam.

Menurut Dansatgas TMMD ke-119 Kodim 0617/Majalengka Letkol Inf. Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P., melalui Pasiter mengatakan, kegiatan penyuluhan tentang bencana alam dan non alam sangat penting untuk diberikan kepada warga yang berada di lokasi TMMD.

“Hal ini dilakukan mengingat masyarakat Desa Cipasung di lokasi TMMD tersebut, bermukim di area dataran tinggi, yang mana bahaya dari bencana alam berupa tingkat curah hujan yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan tanah longsor dan banjir,” ucapnya.

Ia menyampaikan, adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut secara ringkasnya adalah gambaran umum tentang penanggulangan bencana, perbedaan bencana alam dan non alam seperti konflik sosial, pengenalan terhadap bencana.

“Mari kenali apa itu bencana dan apa saja jenis-jenis bencana, konsep kejadian bencana dan penyelenggaraan penanggulangan bencana, cara mengenali bencana, serta mengurangi resikonya,” pungkas Kapten Inf. Mastam.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments