Friday, April 12, 2024
HomeTNICegah DBD, Babinsa Desa Soco Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Tenaga Kesehatan Berantas Sarang...

Cegah DBD, Babinsa Desa Soco Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Tenaga Kesehatan Berantas Sarang Nyamuk

Media Indo Pos,Magetan – Guna mengantisipasi berkembang-biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Desa Soco Serda Marsudi bersama Bhabinkamtibmas Bripka Basuki dan kader kesehatan secara door to door melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara berkala ke rumah warga di Desa Socco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Minggu (3/3/2024).

Selain melakukan pemantauan, Serda Marsudi turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk DBD. “Kami minta agar masyarakat peduli dengan kebersihan di lingkungan masing-masing,” jelasnya

Lebih lanjut, Serda Marsudi menekankan untuk mencegah nyamuk DBD warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD apabila ada genangan air.

“Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara PSN melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian serbuk abate di bak air maupun tempat penampungan air,” bebernya.

Di tempat terpisah, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf. Arif Wibowo mengatakan, bahwa kegiatan PSN ini dilakukan untuk menekan angka kasus demam berdarah dengan langkah memberantas sarang nyamuk.”

Menurutnya, tujuan PSN ini untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada juru pemantau jentik (jumantik). Kendati demikian, ia meminta kepada warga agar tidak mengandalkan para kader jumantik, akan tetapi setiap warga bisa menjadi jumantik mandiri untuk rumahnya masing-masing sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments