Wednesday, April 24, 2024
HomeBerita NasionalPuluhan Rumah Rusak Imbas Tanah Gerak di Brebes

Puluhan Rumah Rusak Imbas Tanah Gerak di Brebes

Media Indo Pos,Brebes – Bencana tanah bergerak di dusun Limbangan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, terus terjadi dan rumah warga rusak bertambah. Pemkab Brebes meminta agar warga mau direlokasi.

Pergerakan tanah yang terus terjadi ini menimbulkan dampak kerusakan terhadap rumah dan fasilitas umum. Jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan bertambah dari sebelumnya 68 rumah rusak kini mencapai 76 rumah. Bahkan, 35 di antaranya mengalami kerusakan berat dan nyaris roboh.

Puluhan KK yang terdampak tanah bergerak memilih mengungsi ke tempat yang aman. Mereka mengungsi di saudara, maupun di tempat pengungsian yang disediakan pihak desa setempat.

“Sementara saat ini KK terdampak di Dukuh Limbangan Desa Sridadi ada 78 KK dari 76 rumah. Sekitar 237 jiwa mengungsi, baik di posko pengungsian maupun di rumah saudara atau kerabatnya,” kata Camat Sirampog, Rade Andiana Younansyah dilansir dari detikJateng, Selasa (5/3/2024).

Pemerintah Kabupaten Brebes meminta warga agar mau direlokasi ke tempat aman. Irfanudin, Subkor Perumahan, Bidang Perumahan Rakyat Dinperwaskim Brebes mengungkap, alasan relokasi karena tanah di Dusun Limbangan ini pergerakannya masih sejak 2015. Dijelaskan secara morfologis tanah, tanah di lokasi itu ditarik oleh aliran Sungai Keruh.

“Tanah di lokasi itu akan terus bergerak. Jika tidak dipindah, dan memaksa tetap tinggal di situ, ya akan terus rusak jika terjadi hujan. Maka dari itu, warga agar mau direlokasi, dan Pemkab akan membantu,” terang Irfanudin.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments