Friday, April 12, 2024
HomeBerita NasionalSekjen Kemendagri Soroti PNS Muda Minta Jabatan Struktural

Sekjen Kemendagri Soroti PNS Muda Minta Jabatan Struktural

Media Indo Pos,Jakarta – Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro menyoroti PNS muda yang merasa gundah saat menduduki jabatan fungsional. Suhajar menilai para PNS muda memiliki keinginan besar untuk menduduki posisi struktural.

Suhajar semula bicara soal Generasi Milenial dan Gen Z yang mulai mendominasi di sejumlah kementerian. Dia mengatakan persoalan yang terjadi saat ini adalah tampuk kekuasaan masih dipegang Generasi X atau Baby Boomer.

“Sementara rakyat yang dipimpin termasuk organisasi di kementerian-kementerian yang bekerja dari mulai eselon II sebagian sampai ke bawah itu sudah mulai didominasi oleh Generasi Milenial dan Gen Z,” kata Suhajar dalam sambutannya di ‘Korpri Menyapa’ di Kemendagri, yang juga disiarkan langsung YouTube Kemendagri RI, Rabu (6/3/2024).

“Jadi dalam pemerintahan ini tampaknya sepele, tapi itu masalah. Artinya, rakyat yang dipimpin hari ini menginginkan cara-cara berpemerintahan, cara pelayanan Milenial dan Gen Z. Sementara yang membuat kebijakan itu jangan-jangan pengetahuannya tentang itu di bawah 40 persen,” lanjut dia.

Suhajar berpesan pada generasinya, Baby Boomer dan Generasi X, untuk memberi ruang yang luas kepada Generasi Milenial dan Gen Z untuk berperan. Menurutnya, generasi muda harus berperan menciptakan upaya-upaya inovasi pelayanan dan lainnya di pemerintahan.

“Jangan sampai terjebak generasi Baby Boomer dan X nyaman dengan cara dia memimpin, tak ada perubahan. Lebih parah lagi Generasi Milenial yang berada di garis tengah ke bawah menikmati juga generasi Baby Boomer. Maka di situlah nanti kita akan terperangkap. Generasi Milenial dan Gen Z, kalau tak hati-hati, akan terperangkap dengan cara-cara generasi di atas sehingga perubahan datang terlambat,” jelasnya.

Dia kemudian memberikan contoh dari birokrasi demokrasi. Suhajar menyadari PNS muda merasa gundah ketika menduduki jabatan fungsional.

“Saya menyadari bahwa adik-adik yang sekarang sudah pindah ke fungsional, itu di dalam hatinya masih ada sedikit rasa gundah, ‘Kok aku tak jadi kabag (kepala bagian) ya, kok aku tak jadi kepala biro, aku kan ingin jabatan struktural,” ucap Suhajar.

“Kenapa? Karena (paham) Max Weber itu sudah mendarah daging di seluruh generasi kami dan sebagian Anda (PNS muda) tertular oleh itu sehingga Anda mendambakan jabatan-jabatan struktural,” lanjut dia.

Suhajar kemudian mengatakan ada PNS muda terjebak sehingga minta jabatan struktural. Padahal, lanjut dia, di sejumlah negara jabatan struktural sudah tidak ada.

“Tapi sebagian adik-adik (PNS muda) ada yang terjebak, ‘Pak, saya jadikanlah kabag, kurang keren di fungsional’. Bagaimana Anda menghadapi perubahan di dunia hari ini? Bahkan, di negara-negara maju sekarang, kalau Anda pergi ke negara bagian New York, sudah nggak ada lagi itu nanti diterima sekjen (sekretaris jenderal), dirjen (direktur jenderal), jabatan itu sudah nggak ada. Semua sudah sangat fungsional,” katanya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments