Friday, April 12, 2024
HomeHukum & KriminalUkiran dari 2,6 Kg Emas di Kubah Masjid Maluku Dicuri

Ukiran dari 2,6 Kg Emas di Kubah Masjid Maluku Dicuri

Media Indo Pos,Jakarta – Ukiran berlafaz Allah yang terbuat dari emas 2,6 kilogram di kubah Masjid Al-Huda di Kabupaten Buru, Maluku, dicuri. Emas murni itu merupakan sumbangan dari jerih payah penambang dan warga desa setempat.

“Jadi warga dan penambang menyisakan rezeki berupa bijih emas dari hasil menambang di Gunung Botak. Total sumbangan terkumpul saat itu 2,6 kilogram emas murni setara Rp 3 miliar,” kata Raja Negeri Petuanan atau Desa Kaiely, Fandi Ashari Wael, dilansir dari detikSulsel, Rabu (6/3/2024).

Fandi menjelaskan, pada 2014, muncul inisiatif membuat kepala kubah masjid berhias emas itu. Saat itu, Gunung Botak yang masuk petuanan Desa Kaiely, Kecamatan Teluk Kaiely, bermunculan emas.

Raja Desa Kaiely sebelumnya, M Fuad Wael, ayah Fandi, kemudian berinisiatif membuat hiasan kepala kubah masjid dari emas Gunung Botak. Hiasan itu juga untuk dijadikan ikon desa.

“Raja (M Fuad Wael) mengumpulkan perangkat desa dan warga untuk membicarakan hal tersebut. Dalam rapat terbuka ini, semua warga menyetujui inisiatif tersebut,” ungkapnya.

Fandi mengatakan perangkat desa yang ditugaskan kemudian mengumpulkan bijih emas yang disumbangkan secara sukarela oleh penambang dan warga desa. Setahun berselang, pada 2015, emas yang dikumpulkan mencapai 2,6 kilogram.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments