Wednesday, April 17, 2024
HomePolitikGerindra Soal Dugaan Penggelembungan Suara: Semua Saling Menuduh

Gerindra Soal Dugaan Penggelembungan Suara: Semua Saling Menuduh

Media Indo Pos,Jakarta – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan pihaknya melakukan pengecekan dugaan penggelembungan suara ke partai-partai. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani memandang isu dugaan penggelembungan suara rawan terjadi.

“Ya isu tentang itu kan juga terjadi hampir di semua partai peserta pemilu. Semua saling menuduh, saling menyangkakan bahwa partai A, B, C, D, seterusnya melakukan tindakan penggelembungan,” kata Muzani di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Muzani melanjutkan, Bawaslu di berbagai tingkatan akan menindak setiap dugaan pelanggaran dalam tahapan pemilu. Dia juga menyebut ada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang akan menangani tindak pidana pemilu.

“Karena itu mekanisme dalam Undang-Undang Pemilu itu kan berjenjang, ada KPU selaku lembaga penyelenggara pemilu, ada Bawaslu. Dan setiap dugaan pelanggaran yang ada di bawah mestinya sudah ditemukan oleh Bawaslu di semua tingkatan. Jika itu pidana bisa dilaporkan ke Gakkumdu,” kata Muzani.

“Jika pelanggaran itu dilakukan oleh penyelenggara pemilu bisa dilaporkan ke DKPP. Jadi itu jenjang untuk melakukan kontrol terhadap penyalahgunaan sudah cukup ketat,” lanjutnya.

Rahmat Bagja sebelumnya menanggapi dugaan penggelembungan suara PSI yang menjadi perbincangan di media sosial. Bagja menyebut pihaknya juga tengah menelusuri laporan yang telah masuk.

“Kan saya memperhatikan betul ada media sosial yang di-send ke kami. Jadi langsung kita cek di teman-teman pengawas ada yang belum dijawab ada, kita tunggu ini,” kata Bagja kepada wartawan di Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

Bagja mengatakan pengecekan dugaan penggelembungan suara bukan hanya difokuskan pada PSI. Ia menegaskan bahwa penelusuran itu akan dilakukan ke semua pihak. “Dan bukan hanya mohon maaf bukan satu partai ya, bukan hanya PSI tok gitu lo, tapi banyak hal yang lain yang kemudian kita harus cek lagi di lapangan,” ujar Bagja.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments