Wednesday, April 17, 2024
HomeInternationalWorldMenlu China Sebut Perang Israel di Jalur Gaza 'Aib Bagi Peradaban'

Menlu China Sebut Perang Israel di Jalur Gaza ‘Aib Bagi Peradaban’

Media Indo Pos,Beijing – Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menyebut perang yang dilakukan Israel melawan Hamas di Jalur Gaza sebagai “aib bagi peradaban”. Wang menegaskan kembali seruan Beijing untuk “gencatan senjata segera” di daerah kantong Palestina tersebut.

“Ini adalah tragedi bagi umat manusia dan aib bagi peradaban bahwa saat ini, di abad ke-21, bencana kemanusiaan ini tidak bisa dihentikan,” ucap Wang saat berbicara kepada wartawan setempat dalam konferensi pers di Beijing, seperti dilansir dari AFP, Kamis (7/3/2024).

China telah menyerukan gencatan senjata segera sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas pada Oktober tahun lalu. Beijing secara historis bersimpati pada perjuangan Palestina dan mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina. Beberapa waktu lalu, Presiden Xi Jinping menyerukan digelarnya “konferensi perdamaian internasional” untuk menyelesaikan konflik tersebut.

“Tidak ada alasan yang bisa membenarkan berlanjutnya konflik, dan tidak ada alasan yang bisa membenarkan pembunuhan yang dilakukan secara putus asa,” tegas Wang dalam pernyataannya.

“Komunitas internasional harus bertindak segera, menjadikan gencatan senjata segera dan penghentian permusuhan sebagai prioritas utama, dan memastikan bantuan kemanusiaan sebagai tanggung jawab moral yang mendesak,” cetusnya.

Dalam pernyataannya, Wang juga menegaskan kembali dukungan China untuk keanggotaan “penuh” Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Kami mendukung Palestina menjadi anggota resmi PBB,” ucap Wang dalam konferensi pers pada Kamis (7/3) waktu setempat.

“Bencana di Gaza sekali lagi mengingatkan dunia soal fakta bahwa wilayah Palestina yang telah sejak lama diduduki, tidak bisa diabaikan lagi,” ujarnya.

“Keinginan lama rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka tidak bisa lagi dihindari, dan ketidakadilan historis yang dialami rakyat Palestina tidak bisa berlanjut selama beberapa generasi tanpa diperbaiki,” tegas Wang.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments