Friday, April 19, 2024
HomePolitik4 Hal Soal Rapat Pleno Golkar Kala Bursa Caketum Mencuat

4 Hal Soal Rapat Pleno Golkar Kala Bursa Caketum Mencuat

Media Indo Pos,Jakarta – Partai Golkar menggelar rapat pleno di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Rapat pleno ini digelar di tengah mencuatnya bursa calon ketua umum (caketum) Golkar yang akan dipilih pada Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, Desember 2024. Rapat pleno petinggi Golkar digelar di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu (10/3). Rapat pleno dipimpin oleh Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Turut hadir pula Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet, Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Ketua DPP Partai Golkar Meutya Viada Hafid hingga Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.

Tepis Bahas Caketum di Munas Golkar
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah rapat pleno membahas terkait Munas Golkar. Pleno tersebut, kata Airlangga, membahas soal Pemilu 2024.

“Tidak ada Munas, kita bicara kemenangan pilpres dan pileg,” kata Airlangga.

Airlangga menegaskan, jadwal musyawarah nasional akan diselenggarakan pada Desember 2024 mendatang. “Jadwal munas nanti di bulan Desember,” imbuhnya.

Bamsoet sebelumnya mengungkap ada empat nama yang disebutnya masuk bursa calon ketua umum Golkar. Bamsoet mengatakan namanya juga masuk bursa tersebut.

“Setidaknya santer empat suara yang muncul di permukaan yang akan bertarung di forum Munas tahun ini,” kata Bamsoet di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3).

Bamsoet menyebutkan empat nama itu ialah dirinya, Ketum Golkar sekaligus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. “Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil, dan ada saya,” kata Bamsoet.

Respons Airlangga soal Kemungkinan Maju Lagi
Apakah Airlangga bakal mencalonkan lagi jadi ketum Golkar? Airlangga tidak menjawab gamblang, dia hanya tersenyum dan mengatakan musyawarah nasional digelar Desember 2024.

“Munas Desember 2024,” kata Airlangga.

Jawaban Airlangga disambut tawa elite Golkar yang hadir. Setelahnya, Airlangga menyalami dan cipika-cipiki dengan Waketum Golkar Bamsoet. Hal itu juga dilakukan Airlangga ke elite Golkar lainnya.

Isu Jokowi Bakal Gabung Golkar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal bergabung dengan Partai Golkar. Airlangga Hartarto bicara kedekatan Jokowi dengan Golkar. “Pak Jokowi dan Partai Golkar memang sudah rapat,” kata Airlangga usai rapar pleno Golkar.

Airlangga mengatakan Jokowi sudah dekat dengan Partai Golkar, contohnya soal iklan Golkar. Menko Perekonomian itu pun menilai Jokowi nyaman dengan partainya tersebut.

“Jadi karena sudah rapat sudah beriringan lihat saja iklan-iklan Partai Golkar bersama Pak Jokowi. Sehingga tentu itu menunjukkan bahwa kedekatan Pak Jokowi dan kenyamanan Pak Jokowi dengan Partai Golkar,” ujarnya.

1.040 Penugasan untuk Pilkada
Airlangga mengatakan Golkar sudah mengeluarkan 1.040 penugasan untuk Pilkada 2024. Penugasan tersebut untuk bakal calon bupati hingga gubernur. “Partai Golkar sudah mengeluarkan lebih dari 1.040 penugasan untuk bupati, wali kota, gubernur, dan sekarang adalah persiapan untuk evaluasi,” kata Airlangga usai rapat pleno Golkar.

Airlangga mengatakan evaluasi tersebut nantinya akan mempertimbangkan hasil Pemilu 2024 yang baru selesai dilaksanakan. Airlangga menyebut pihaknya juga menggelar survei terkait dengan pelaksanaan Pilkada 2024.

“Jadi, ada beberapa calon yang maju ke DPR dan hasil suaranya signifikan, tentu kita akan melihat kelanjutan daripada mekanisme pilkada nanti. Oleh karena itu, dalam 3-4 bulan ke depan, Partai Golkar akan konsentrasi ke sana. Partai Golkar akan melakukan survei untuk pilkada,” ucap Airlangga.

Hasilnya, lanjut Airlangga, akan dipetakan kesiapan dari masing-masing calon. Airlangga menuturkan semua hal nantinya akan dievaluasi.

“Dari survei itu, nanti kita akan memetakan kesiapan dari calon. Dan ada calon yang sudah pileg menyatakan lanjut, ada calon yang sudah menyatakan tidak akan lanjut, dan ada calon yang baru, yang kemarin dalam pileg, angkanya tembus ratusan ribu, sehingga ini semua akan dievaluasi,” imbuhnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments