Friday, April 19, 2024
HomeInternationalWorldRusia Tangkap 4 Orang Diduga Rencanakan Serangan

Rusia Tangkap 4 Orang Diduga Rencanakan Serangan

Media Indo Pos,Jakarta – Otoritas Rusia telah menangkap empat orang yang diduga sebagai anggota kelompok paramiliter pro-Ukraina yang merencanakan serangan di wilayah Rusia, termasuk meracuni tentara Rusia.

Dinas keamanan Rusia, FSB mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa keempatnya ditangkap di kota Saint Petersburg. “FSB telah mengakhiri aktivitas ilegal di Saint Petersburg yang dilakukan sel rahasia kelompok paramiliter Ukraina, Korps Relawan Rusia (Russian Volunteer Corps), yang bertindak demi kepentingan badan intelijen Ukraina,” katanya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (14/3/2024).

Keempat warga kota kedua di Rusia itu “berencana untuk meracuni produk makanan dengan zat yang sangat beracun yang dimaksudkan sebagai bantuan kemanusiaan kepada tentara Rusia yang bertempur di Ukraina” kata FSB dalam pernyataannya.

Keempatnya juga diduga “melakukan pengintaian terhadap infrastruktur penting dan lokasi transportasi… di Saint Petersburg dan wilayah Leningrad untuk kemudian mempersiapkan serangan”, imbuh FSB.

Rusia minggu ini menghadapi gelombang serangan drone, termasuk di wilayah Leningrad, sekitar Saint Petersburg. Korps Relawan Rusia, bersama dengan Legiun Kebebasan Rusia dan Sibir, adalah sekelompok pejuang sukarelawan yang terdiri dari warga negara Rusia yang menentang Kremlin.

Pejuang sukarelawan tersebut mengatakan pekan ini bahwa mereka telah menyeberang ke Rusia dari Ukraina dan merebut sebuah desa di wilayah Kursk. Otoritas Rusia mengatakan mereka berhasil memukul mundur serangan tersebut.

Pada hari Rabu, milisi pro-Kyiv mendesak warga sipil untuk meninggalkan kota Belgorod dan Kursk dekat perbatasan Ukraina, dan mengancam akan melakukan serangan besar-besaran terhadap target militer di sana.

Sebelumnya pada bulan Maret 2023, Korps Relawan Rusia mengaku berada di balik serangan di wilayah perbatasan Rusia di Bryansk, yang menurut pihak berwenang Rusia menyebabkan dua warga sipil tewas.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments