Friday, April 12, 2024
HomeBerita NasionalHeboh Tarawih Kilat 7 Menit di Indramayu, Menag Yaqut: Tanya Ahli Agama

Heboh Tarawih Kilat 7 Menit di Indramayu, Menag Yaqut: Tanya Ahli Agama

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) merespons tarawih kilat di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah, Indramayu, Jawa Barat, yang hanya memakan waktu 7 menit untuk 23 rakaat. Gus Yaqut mengatakan akan memperdalam hal itu ke ahli agama.

“Kita tanya ke ini deh, ahli agama nanti ya. Tanya ke kiai, ulama, apa ini kalau ada tarawih kilat ini gimana. Rukun wajibnya tarawih itu apa, kita nanti tanya ke tokoh agama dulu,” kata Yaqut di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Dirangkum, salat tarawih di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah, Indramayu, diawali dengan salat Isya. Gerakan salat Isya itu dilaksanakan seperti salat pada umumnya.

Namun, setelah bacaan bilal berkumandang, imam salat segera membacakan takbir seraya diikuti ratusan jemaah di belakangnya. Dengan cepat, imam salat membacakan surat-surat hingga gerakannya. Yakni untuk satu salam salat tarawih selesai dalam waktu kurang dari satu menit.

“Kira-kira salat tarawih yang kita lakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah kurang lebih sekitar 7 menit yang sudah berjalan kurang lebih selama 15 tahun,” kata imam salat tarawih, Ustaz Huabihi Muhyinidzom (22), seperti dilansir dari detikJabar, Jumat (15/3).

Salat tarawih plus witir yang berjumlah 23 rakaat hanya berlangsung tujuh menit. Satu menit sama dengan 60 detik, maka 23 rakaat salat tarawih di pondok pesantren ini memakan 420 detik. Jadi, jika dikonversikan ke detik, untuk satu rakaatnya memakan waktu sekitar 18 detik.

Menurut ustaz Huabihi, salat tarawih kilat di ponpes tersebut sudah berjalan sejak 15 tahun lalu sejak imam salat KH Ahmad Zuhri Ainani sekitar 2009-2010. KH Ahmad Zuhri Ainani merupakan generasi pertama salat tarawih ‘kilat’.

“Sudah turun temurun dimulai dari sekitar tahun 2009-2010,” katanya.

Salat dengan gerakan yang lebih cepat ini, lanjut kata Ustaz Huabihi, yang terpenting sudah sesuai dengan syarat dan rukunnya salat. Setiap bacaan salat, Ustaz Huabihi biasanya menggunakan surat pendek. Mulai dari satu ayat atau ayat keselamatan. Hal itu sesuai ilmu yang diajarkan oleh para guru.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments