Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalIKN Uji Coba Mobil Terbang Hingga Driverless Car

IKN Uji Coba Mobil Terbang Hingga Driverless Car

Media Indo Pos,Jakarta – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan pihaknya tengah melakukan uji coba terkait transportasi dengan teknologi tinggi di IKN. Bambang mengatakan konsep terkait transportasi itu tertuang dalam program uji kelayakan untuk mobilitas udara mutakhir.

Hal tersebut disampaikan Bambang dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR. Anggota Komisi II DPR Fraksi Demokrat, Mohamad Muraz, mempertanyakan konsep mobil terbang di IKN apakah benar akan direalisasikan atau tidak.

“Di paparan tadi ada kalimat uji coba kelayakan untuk mobilitas udara mutakhir. Apakah ini ada kaitan dengan kota 10 menit tadi? Mobilitas udara yang seperti apa? Apakah mobil terbang yang sudah banyak diramai-ramaikan sekarang, apakah di IKN digunakannya mobil terbang atau gimana?” kata Muraz dalam rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Kepala Otorita IKN kemudian menanggapi pertanyaan itu. Ia mengatakan memang pihaknya tengah menguji coba jenis-jenis transportasi di IKN. “Tadi ada yang menanyakan tentang misalnya konsep dari mobil terbang, ya betul Bapak, jadi kami melakukan beberapa uji coba jenis-jenis transportasi yang utama,” kata Bambang.

Bambang menyebutkan sebenarnya bukan hanya mobil terbang yang dikaji pihak IKN, tetapi juga angkutan umum tanpa awak atau driverless car yang diharapkan bisa beroperasi pada 2045.

“Tidak hanya mobil terbang tapi juga driverless car atau angkutan umum yang tidak memiliki awak itu juga akan menjadi fitur-fitur yang saya kira di tahun 2045 nanti merupakan suatu keniscayaan kalau kita bicara 20 tahun dari sekarang,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments