Friday, April 19, 2024
HomeBerita NasionalWarga IKN Bisa Tanya Arah ke Tiang Listrik

Warga IKN Bisa Tanya Arah ke Tiang Listrik

Media Indo Pos,Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyiapkan teknologi canggih pada sarana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Salah satunya tiang listrik informasi.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, secara konsep harapannya tiang-tiang listrik di IKN bukan sembarang tiang listrik. Nantinya, tiang-tiang tersebut bisa berfungsi dalam menyajikan informasi.

“Bagaimana tiang-tiang listrik berfungsi juga untuk tiang-tiang informasi. Misalnya ada tiang, terus kita mau tanya ‘ini kalau mau ke cafe ini ke mana?’ dia (tiang) bisa jawab,” kata Bambang, ditemui di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

Bambang mengatakan teknologi ini menjadi salah satu contoh fitur pintar yang akan ada di IKN nantinya. Demi mewujudkannya OIKN tengah melakukan proof of concept atau uji coba kecocokan antara teknologi terkait dengan kondisi di lapangan.

Selain tiang listrik, OIKN juga menyiapkan fitur pintar di sektor transportasi, mulai dari angkutan umum tanpa awak atau driverless car hingga mobil terbang.

“Nantinya kita akan melakukan proof of concept istilahnya adalah uji coba, cocok nggak sih teknologinya dengan kondisi kita di lapangan. Itu adalah untuk angkutan umum publik yang tidak memiliki driver, kemudian juga mobil terbang,” jelasnya.

Bambang menambahkan alat transportasi ini menjadi sebuah keniscayaan dalam 20 tahun ke depan atau tepatnya pada 2045 mendatang. Oleh karena itu, mulai dari saat ini pihaknya telah mempersiapkan penerapan teknologinya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments