Wednesday, April 24, 2024
HomeBerita NasionalAhmad Ali Pesimistis Hak Angket Bergulir di DPR

Ahmad Ali Pesimistis Hak Angket Bergulir di DPR

Media Indo Pos,Jakarta – Politikus Partai NasDem Ahmad Ali menyikapi persoalan hak angket yang belakangan menjadi perbincangan publik. Ali mengatakan hingga saat ini pengguliran hak angket itu masih menjadi wacana.

“Saya, gini, gini, ini pandangan pribadi saya ya. Bukan sebagai waketum partai, saya pesimis. Saya pesimis,” kata Ali kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Ali mempertanyakan hingga saat ini belum ada partai yang mengajukan hak angket secara langsung. Ia tak ingin berbicara dulu terkait syarat minimal kehadiran di paripurna padahal belum ada partai yang mengajukan hak angket itu.

“Kita bicara dulu, sudah adakah yang mengajukan itu? Mereka menguji diterima atau tidaknya keputusan dari yang hadir 50% anggota, bagaimana kita menguji itu sedangkan sampai hari ini tidak ada yang diuji? Kan belum ada yang diuji ini karena baru wacana doang kan,” katanya.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem ini mengatakan posisi partai mengikuti Ketua Umum Surya Paloh. Ia kemudian menegaskan kembali tujuan dari hak angket itu. “Ketika ketum sudah menyampaikan, semua pernyataan waketum itu gugur. Ya mengikuti,” katanya.

Ia mengatakan hak angket jika ditujukan kepada presiden maka akan berakhir pada pemakzulan. Ali lantas mempertanyakan partai yang masih berada di dalam pemerintahan.

“Kalau pemahaman saya, kalau angket ini ditujukan kepada presiden itukan pemakzulan, kan akhir memakzulkan terus bagaimana misalnya PDIP, yang ada di pemerintahan ini PKB, NasDem PPP ya kan,” ungkapnya.

Ali mengatakan jika sampai saat ini belum ada partai yang mengajukan hak angket. Hal itulah, katanya, menjadi salah satu alasan mengapa ia memandang pesimis terhadap hak angket.

“Sampai hari ini kan belum ada satu pun partai yang mengajukan hak angket itu tidak dinyatakan, tapi diajukan. Angket itu tidak dinyatakan ‘Saya akan angket’, dia disebut angket ketika anggota DPR mengajukan ke paripurna untuk menggulirkan hak angket minimal 25 orang, lebih dari satu fraksi,” tutur Ali.

“Pertanyaannya? Sudahkah ada partai politik yang mengajukan itu? Sudahkah ada anggota fraksi partai yang mengajukan itu untuk mengajukan haknya sebagai hak angket?” imbuhnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments