Friday, April 19, 2024
HomeTNIDitandai Pemukulan Kentongan, TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0728/Wonogiri Resmi Ditutup

Ditandai Pemukulan Kentongan, TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0728/Wonogiri Resmi Ditutup

Media Indo Pos,Wonogiri – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sengkuyung tahap I TA 2024 Kodim 0728/Wonogiri secara resmi dinyatakan selesai dengan ditandai pemukulan kentongan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol Inf. Edi Ristriyono, S.Pd., M.I.P., didampingi jajaran Forkopimda Wonogiri, bertempat di lapangan Desa Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Rabu (20/03/2024).

Bertindak selaku Irup, Dandim 0728/Wonogiri membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., bahwa program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu program bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.

“Tentu saja TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Wali Kota beserta OPD terkait, unsur Polri setempat, unsur TNI lainnya dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI telah bahu-membahu menyelesaikan program TMMD ke-119 tahun 2024.”

Tema TMMD Reguler ke-119 tahun 2024 kali ini yaitu “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada program tahap I TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-119 di beberapa Kabupaten antara lain Kabupaten Pati, Bantul, Sragen dan Purbalingga. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

Pangdam juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal, sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur di antaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembuatan talud, pembangunan jembatan, Pos Kamling, dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Di samping sasaran pembangunan fisik dan non fisik tersebut di atas, kegiatan TMMD kali ini juga mengerjakan tugas-tugas yang diselaraskan dengan program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat seperti ketahanan pangan, pertanian terpadu atau pertanian terintegrasi seluas min 200 Ha, Urban Farming, rehab rumah dan MCK, TNI AD Manunggal Air, percepatan penurunan stunting, Posyandu, Posbindu, PTM (Penyakit Tidak Menular), penanaman pohon, pembersihan sungai, pembersihan pasar, rehab tempat ibadah dan pembangunan gudang penyimpanan hasil pertanian.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf. Edi Ristriyono, Bupati Wonogiri diwakili oleh Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, Kasi Log Korem 074/Wrt Letkol Cba Wiwin Juni Purwanto, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., Kasi Intelijen Kejari Wonogiri Endang Darsono, SH., MH., Hakim Pengadilan Agama Mamfaluti, S.H, S.Hi., Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Joko Purwadiyatmo, S.Sos., Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Ir. R. AJ Siti Muchalimah K, M.M., Kakanminvetcad Wonogiri Mayor Czi Irawan Budi Sujarwo, Kasatpol PP Wonogiri Joko Susilo, S.Sos., M.M., Pasiter Kodim 0728/Wng Kapten Inf. Sriyono, Camat Nguntoronadi Endrijo Rahardjo, S.Sos., M.M., Komandan Koramil 04/Nguntoronadi Kapten Inf. Agus Priyanto, Kapolsek Nguntoronadi AKP Ujang Joko W, S.H., para Danramil jajaran Kodim 0728/Wng, Kepala Desa Kulurejo Aris Hartanto, SE., Persit KCK Cab. XLIX Kodim 0728/Wng.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments