Friday, April 12, 2024
HomeInternationalWorldKanada Akan Setop Pengiriman Senjata, Israel Marah!

Kanada Akan Setop Pengiriman Senjata, Israel Marah!

Media Indo Pos,Jakarta – Pemerintah Kanada akan menghentikan semua pengiriman senjata ke Israel. Keputusan ini memicu kemarahan Israel yang terus melancarkan perangnya melawan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Wilayah Palestina yang terkepung itu kini menghadapi krisis kemanusiaan yang semakin parah. Perang yang berlangsung selama berbulan-bulan telah menyebabkan ratusan ribu warga Gaza berada di ambang kelaparan.

Kanada, sekutu utama Amerika Serikat, yang memberikan bantuan militer miliaran dolar kepada Israel setiap tahunnya, telah mengurangi pengiriman senjatanya ke Israel menjadi peralatan tidak mematikan seperti radio, setelah serangan Hamas pada 7 Oktober.

“Situasi di lapangan membuat kami tidak bisa mengekspor peralatan militer apa pun,” kata seorang pejabat pemerintah Kanada yang tidak ingin disebutkan namanya kepada media, Rabu (20/3/2024).

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan kepada media pada hari Selasa (19/3), bahwa Ottawa akan menghentikan ekspor senjata ke Israel di masa depan.

Israel mengecam keputusan tersebut, dan Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan keputusan tersebut “merusak hak Israel untuk membela diri melawan Hamas.”

“Sejarah akan menilai tindakan Kanada saat ini dengan keras,” katanya dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

Israel secara historis menjadi penerima terbesar ekspor senjata Kanada, dengan perlengkapan militer senilai 21 juta dolar Kanada diekspor ke Israel pada tahun 2022, menurut Radio Canada, menyusul pengiriman senjata sebesar 26 juta dolar Kanada pada tahun 2021.

Hal ini menempatkan Israel di antara 10 besar penerima ekspor senjata Kanada.

Namun, Ottawa hanya mengekspor pengiriman “tidak mematikan” seperti peralatan komunikasi ke Israel sejak serangan mematikan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang di Jalur Gaza.

Tidak ada ekspor yang dikirim sejak bulan Januari lalu, kata pejabat pemerintah Kanada tersebut.

Sebelumnya pada hari Senin lalu, Parlemen Kanada mengeluarkan resolusi yang menyerukan komunitas internasional untuk mengupayakan solusi dua negara antara Israel dan Palestina.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments