Friday, April 12, 2024
HomeInternationalWorldISIS Klaim Jadi Dalang Penembakan Tewaskan 40 Orang di Moskow

ISIS Klaim Jadi Dalang Penembakan Tewaskan 40 Orang di Moskow

Media Indo Pos,Jakarta – Aksi penembakan massal hingga menewaskan 40 orang terjadi di Moskow, Rusia. Kelompok ISIS mengaku sebagai dalang dari serangan tersebut.

“Pejuang ISIS menyerang sebuah pertemuan besar di pinggiran ibu kota Rusia,” kata ISIS dalam sebuah pernyataan di Telegram dilansir dari AFP, Sabtu (23/3/2024).

ISIS mengklaim serangan tersebut dijalankan secara sukses. ISIS mengatakan para pelaku penyerangan kini telah mundur ke markas mereka dengan selamat.

Peristiwa penembakan itu terjadi pada Jumat (22/3) waktu setempat di Crocus City Hal, Moskow. Aksi itu berlangsung di tengah konser grup band rock asal Rusia, Picnic. Saksi mata di lokasi kejadian para pelaku mengenakan seragam kamuflase. Pelaku kemudian melepaskan tembakan dan melemparkan granat.

Diberitakan sebelumnya, aksi penembakan massal terjadi di kota Moskow, Rusia. 40 orang dilaporkan meninggal dunia dan 100 lainnya terluka akibat peristiwa tersebut.

“Menurut informasi awal 40 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka akibat serangan teroris di Balai Kota Crocus,” bunyi keterangan Dinas Keamanan FSB dilansir dari AFP.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan serangan itu adalah “serangan teroris berdarah”. “Seluruh komunitas internasional harus mengutuk kejahatan keji ini,” katanya melalui Telegram.

Pihak Gedung Putih juga telah buka suara terkait penembakan massal yang terjadi di Rusia. Amerika Serikat menilai tidak ada tanda-tanda jika peristiwa tersebut berkaitan dengan konflik di Ukraina.

“Saat ini tidak ada indikasi bahwa Ukraina atau warga Ukraina terlibat dalam penembakan tersebut,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada wartawan di Washington.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments