Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalJokowi Resmikan Medical Center RSUD Anutapura

Jokowi Resmikan Medical Center RSUD Anutapura

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Anutapura medical center, RSUD Anutapura, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Gedung ini menggunakan teknologi konstruksi antigempa.

“Gedung ini menjadi gedung yang pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system,” ujar Jokowi seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3/2024).

“Untuk menahan daya seismik akibat gempa,” jelas Jokowi.

Gedung ini dibangun pada 2021 dengan anggaran Rp 244 miliar di lahan seluas 19 ribu m². Gedung tersebut dilengkapi IGD, kebidanan, poliklinik, radiologi, lab, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

“Tadi saya sudah diberikan gambarnya di bawah gedung ini, ada kayak shockbraker. Jadi bisa lentur kalau terjadi gempa tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa,” lanjut Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Jokowi juga meresmikan rekonstruksi Universitas Negeri UIN Datokarama di Palu. Universitas itu dibangun pada 2020. “Biaya Rp 139 miliar di atas lahan seluas 34 ribu m²,” katanya.

Rekonstruksi ini meliputi pembangunan di berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, student center, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas pendukung lain. Kemudian, Jokowi juga meresmikan pembangunan hunian tetap dan infrastruktur permukiman pascabencana. Hunian ini dibangun sejak 2019.

“Total biaya Rp 1.005.000.000.000,” kata Jokowi.

Anggaran besar itu meliputi pembangunan hunian tetap sebanyak 3.724 unit senilai 483.000.000.000, serta infrastruktur permukiman senilai Rp 571.000.000.000.

“Agar infrastruktur yang sudah dibangun pascabencana ini dijaga dimanfaatkan sebaik-baiknya agar aktivitas masyarakat sepenuhnya bisa normal kembali, aktivitas sosial, aktivitas ekonomi dapat bergerak dan pulih kembali,” ucap Jokowi.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments