Friday, April 19, 2024
HomeTNICegah Demam Berdarah, Babinsa Sriwedari Dampingi Dinas Kesehatan Basmi Sarang Nyamuk dengan...

Cegah Demam Berdarah, Babinsa Sriwedari Dampingi Dinas Kesehatan Basmi Sarang Nyamuk dengan Cara Fogging

Media Indo Pos,Surakarta – Babinsa Kelurahan Sriwedari Koramil 01/Laweyan Kodim 0735/Surakarta Sertu Widodo dan Serda Fredo melaksanakan pendampingan kegiatan fogging siklus ke dua dari Dinas Kesehatan Puskesmas Penumping, bertempat di wilayah RW. 06 Kelurahan Seiwedari, Kecamatan Laweyan, Selasa (26/03/2024).

Dikatakan Sertu Widodo, pendampingan yang dilakukannya bersama dinas kesehatan ini adalah membantu program pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan dalam mencegah penyebaran penyakit demam berdarah.

“Adapun sasaran fogging yang dilakukan yaitu di RT. 01, 02, 03, 04, 05, RW. 06 Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Penyemprotan fogging ini sendiri dilakukan karena guna mengantisipasi terhadap kasus gejala penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, sehingga penyemprotan atau fogging ini perlu dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sertu Widodo mengatakan, bahwa kegiatan fogging yang dilakukan petugas puskesmas, Babinsa dan petugas kelurahan tersebut dilakukan dengan menyisir rumah-rumah warga, khususnya di lingkungan yang memiliki genangan air atau berpotensi berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegypti.

“Tak hanya mendampingi fogging saja, kami juga menghimbau warga untuk melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk. Dengan cara menguras membersihkan bak mandi, vas bunga, tempat minum hewan/binatang peliharaan, menutup rapat tempat penampungan air (TPA). Bagi TPA yang tidak mungkin dikuras atau ditutup bisa diberikan larvasida dan menyingkirkan atau mendaur ulang barang bekas seperti botol plastik dan kaleng bekas,” imbuhnya.

“Dilakukan fogging dapat membasmi sarang nyamuk, sehingga dapat terhindar dari ancaman nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD di wilayah binaan,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments