Wednesday, April 24, 2024
HomeInternationalWorldJembatan Baltimore Amerika Serikat Ambruk Ditabrak Kapal Kargo, 6 Orang Tewas

Jembatan Baltimore Amerika Serikat Ambruk Ditabrak Kapal Kargo, 6 Orang Tewas

Media Indo Pos,Baltimore – Enam orang hilang dan diperkirakan tewas akibat ambruknya jembatan di area Pelabuhan Baltimore, Amerika Serikat (AS), usai ditabrak kapal kargo berukuran besar pada Selasa (26/3) pagi waktu setempat. Insiden ini memaksa penutupan salah satu pelabuhan paling sibuk di pesisir timur AS.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (27/3/2024), sejumlah pejabat Penjaga Pantai AS dan Kepolisian Negara Bagian Maryland menyebut operasi pencarian dan penyelamatan dihentikan sementara sekitar 18 jam usai insiden terjadi, karena tim penyelam menghadapi kondisi berbahaya di perairan gelap dan dipenuhi puing.

Laksamana Muda Shannon Gilreath dari Otoritas Penjaga Pantai AS mengakui bahwa tidak ada harapan untuk menemukan enam orang yang dilaporkan hilang, dalam keadaan hidup karena suhu air yang sangat dingin dan lamanya waktu telah berlalu sejak insiden terjadi.

Kolonel Roland Butler dari Kepolisian Negara Bagian Maryland, secara terpisah, mengatakan bahwa otoritas berwenang berharap untuk segera melanjutkan operasi pencarian dengan melibatkan tim penyelam setelah matahari terbit pada Rabu (27/4) pagi waktu setempat untuk mencari jenazah para pekerja yang hilang.

Insiden ini berawal ketika kapal kontainer bernama Dali, berbendera Singapura, yang berangkat dari Pelabuhan Baltimore menuju ke Sri Lanka, tiba-tiba menabrak tiang penyangga Jembatan Francis Scott Key yang membentang di muara Sungai Patapsco pada Selasa (26/3) dini hari, sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Bagian jembatan sepanjang 1,6 mil atau sekitar 2,57 kilometer langsung ambruk dan jatuh ke dalam air sungai di bawahnya yang memiliki suhu membekukan. Sejumlah kendaraan dan orang-orang pun ikut tercebur ke dalam sungai.

Para petugas penyelamat berhasil menyelamatkan dua orang yang jatuh ke sungai, dengan salah satu korban kini dirawat di rumah sakit setempat. Kedua orang itu dan enam pekerja yang hilang merupakan bagian dari awak proyek menutup lubang di permukaan jalanan pada jembatan tersebut.

Kapal kontainer itu melaporkan kehilangan daya sebelum tabrakan terjadi, yang memungkinkan otoritas setempat menghentikan lalu lintas di jembatan tersebut sebelum akhirnya ambruk.

“Dengan mampu menghentikan mobil-mobil yang melintasi jembatan, orang-orang ini adalah pahlawan. Mereka menyelamatkan nyawa semalam,” ucap Gubernur Maryland, Wes Moore, dalam konferensi pers.

Ditegaskan Woore bahwa jembatan itu sudah sesuai dengan kode etik keselamatan dan tidak ada masalah struktural yang diketahui. Otoritas setempat juga menyatakan tidak ada bukti sabotase atau pelanggaran dalam insiden ini.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments