Friday, April 19, 2024
HomeBerita NasionalPolri Beri Pengamanan Khusus Hakim MK Tangani Sengketa Pemilu 2024 

Polri Beri Pengamanan Khusus Hakim MK Tangani Sengketa Pemilu 2024 

Media Indo Pos,Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2024 hari ini. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan memberikan pengamanan selama masa sidang perselisihan hasil pemilihan umum 2024 (PHPU).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan Polri bakal bersiaga melakukan pengamanan di Gedung MK, Jakarta Pusat, selama masa sengketa berlangsung.

“Dalam pengamanan tersebut Polri mengerahkan 377 personel untuk mengamankan gedung MK. Polri juga bekerjasama dengan petugas yang berada di kantor MK tersebut,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Tak hanya pada lokasi di gelarnya sidang sengketa hasil pamilu, Trunoyudo menyebut, Polri juga memberikan pengamanan khusus terhadap seluruh hakim konstitusi yang menangani sidang tersebut.

Pengamanan, kata dia dalam rangka menjaga pelaksanaan sidang sengketa Pemilu 2024 dapat berjalan aman, tertib, dan lancar. “Selama sidang terkait pemilu di Mahkamah Konstitusi Polri memberikan pengamanan khusus terhadap hakim MK yang menangani sidang perkara Pemilu 2024, guna pelaksanaan sidang berjalan aman dan tertib serta berjalan lancar,” jelasnya.

Sebelumnya Kapolres Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo jug telah menyambangi Gedung MK. Susatyo mengecek langsung pengamanan di kawasan MK pada Selasa (26/3). Susatyo dan jajaran berkeliling dan memantau persiapan pengamanan. Adapun sejumlah persiapan pengamanan memang telah terlihat di sekitar gedung itu.

Barrier beton dengan kawat berduri telah terpasang di depan Gedung MK. Termasuk kendaraan taktis milik Polri telah terparkir di lokasi untuk mengantisipasi keamanan massa selama persidangan.

Sebagai informasi, Mahkamah Konstitusi (MK) mengelar sidang perdana perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres hari. Dua permohonan sengketa akan diperiksa secara terpisah.

Sidang perdana PHPU Pilpres akan dimulai pukul 08.00 WIB, dengan permohon paslon 01 Anies-Muhamin. Kemudian pada pukul 13.00 WIB, MK akan menggelar sidang kedua, dengan pemohonnya paslon 03 Ganjar-Mahfud.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments