Friday, April 19, 2024
HomeBerita Nasional6 Fakta Tol Bocimi Amblas: Dampak Hingga Dugaan Penyebab

6 Fakta Tol Bocimi Amblas: Dampak Hingga Dugaan Penyebab

Media Indo Pos,Jakarta – Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) amblas hingga sebuah kendaraan ikut terperosok ke dalam jurang. Berdasarkan laporan yang diterima, Rabu (3/4/2024), jalan tol tersebut amblas berada di Tol Bocimi Km 64 Cigombong, Sukabumi. Mobil yang terperosok akibat longsor di jalan Tol Bocimi itu ditumpangi oleh dua orang. Keduanya pun sudah dievakuasi. Berikut informasi selengkapnya.

1. Jalan Tol Bocimi Amblas
Longsor terjadi Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada Rabu (3/4/2024). Lokasi longsor tepatnya berada di titik Km 64 dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

“Mulai Km 64 A arah Jakarta menuju Sukabumi (Tol Bocimi) terjadi longsor,” kata Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Fiekry Adi Perdana, seperti dilansir dari detikJabar, Rabu (3/4/2024).

2. 1 Mobil Masuk Jurang
Jalan Tol Bocimi, tepatnya di KM 64 longsor. Peristiwa tersebut menyebabkan satu mobil terperosok ke dalam jurang.

“Berdasarkan laporan sekitar pukul 20.40 WIB, longsor di Kilometer 64 di Jalur Tol Bocimi dari arah Jakarta ke Sukabumi, mendekati Exit Tol Parungkuda. Satu lajur terdampak longsor dan ada satu kendaraan Isuzu Panther terimbas pasca kejadian tersebut,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo, Rabu (3/4/2024) malam.

3. 2 Penumpang Mobil Sudah Dievakuasi
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo mengatakan ada dua orang di dalam mobil yang terperosok ke jurang akibat amblasnya jalan Tol Bocimi. Kedua korban sudah dievakuasi dan mendapatkan penanganan medis.

“Korban jiwa tidak ada, dua penumpang di Isuzu Panther tersebut kami evakuasi, satu penumpang tidak mengalami luka, satu juga bisa dipapah ke ambulans. Sekarang sudah dievakuasi dan dievaluasi secara medis,” ujar Tony.

4. 1 Truk Terguling
Selain satu mobil yang terperosok ke dalam jurang, sebuah truk terguling akibat jalan Tol Bocimi yang amblas. Truk tersebut terguling karena berusaha menghindari lokasi longsor.

“Selain Isuzu Panther, ada kendaraan truk yang terguling, karena saat mendekati lokasi longsor dia berusaha menghindar dan terguling, pengemudi tidak mengalami luka,” kata Tony.

5. Tol Bocimi Ditutup Sementara
Longsor terjadi di Tol Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi), tepatnya di KM 64 dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu (3/4/2024) malam. Polisi menutup sementara jalan tol yang menjadi lokasi longsor.

“Sementara Tol Bocimi tidak dioperasionalkan. Yang tadinya Bocimi bisa operasional untuk ketupat, karena ada longsor ini, maka operasional Bocimi untuk sementara ditutup. Sambil menunggu dari pihak Jasa Marga,” kata Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, saat ini telah dilakukan penutupan arus tol sebelum menuju lokasi terjadinya longsor. Polisi memberlakukan pengalihan dengan cara kendaraan yang melaju dari Bogor dikeluarkan di Gate Cigombong.

“Dan kendaraan dari Sukabumi, tidak masuk Gate Parungkuda. Tapi dilewatkan ke jalan arteri dan masuk tol di Gate Cigombong,” katanya.

6. Dugaan Penyebab Tol Bocimi Amblas
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo menduga peristiwa Tol Bocimi yang amblas itu dipicu intensitas hujan cukup lebat yang terjadi sejak siang hingga malam, Rabu (3/4/2024). Ia juga menyebut penutupan Exit Tol Parungkuda dilakukan sesaat setelah kejadian.

“Pada dasarnya tadi sore curah hujan dengan intensitas hujan cukup lebat. Sesaat setelah petugas menerima laporan langsung ditutup dialihkan exit tol ke arah Cigombong,” ujarnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments