Wednesday, April 17, 2024
HomeInternationalWorldGempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Media Indo Pos,Tokyo – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6 mengguncang wilayah Fukushima, Jepang bagian timur laut, pada Kamis (4/4) waktu setempat. Tidak ada peringatan tsunami yang dirilis terkait gempa tersebut.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (4/4/2024), Badan Meteorologi Jepang (JMA) melaporkan bahwa pusat gempa bumi yang mengguncang Fukushima itu berada di kedalaman 40 kilometer dari permukaan Bumi.

Guncangan gempa dilaporkan juga sempat dirasakan di ibu kota Tokyo. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) secara terpisah melaporkan kekuatan gempa bumi yang mengguncang Jepang pada Kamis (4/4) mencapai Magnitudo 6,1 dengan pusatnya berada di kedalaman 40,1 kilometer.

Jepang yang merupakan salah satu negara yang paling aktif secara tektonik di dunia, memiliki standar bangunan yang secara ketat dirancan untuk tahap gempa paling kuat sekalipun.

Negara kepulauan ini, yang ditinggali oleh sekitar 125 juta penduduk, dilaporkan mengalami sekitar 1.500 guncangan setiap tahunnya, yang sebagian besar terjadi dalam skala ringan.

Gempa di Jepang ini terjadi sehari setelah gempa berkekuatan Magnitudo 7,4 (sebelumnya dilaporkan Magnitudo 7,5) mengguncang Taiwan, hingga sempat memicu peringatan tsunami di Jepang dan Filipina.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 1.000 orang mengalami luka-luka akibat gempa di Taiwan, yang memicu kerusakan pada puluhan bangunan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments