Wednesday, April 17, 2024
HomeTNIHadiri Apel Gelar Pasukan, Dandim 0735/Surakarta Beserta Jajarannya Siap Dukung Operasi Ketupat...

Hadiri Apel Gelar Pasukan, Dandim 0735/Surakarta Beserta Jajarannya Siap Dukung Operasi Ketupat Candi 2024

Media Indo Pos,Surakarta – Bertempat di Mapolresta Surakarta, Jl. Slamet Riyadi No. 376, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, telah dilaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Candi tahun 2024 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul 1445 H/tahun 2024 dilanjutkan dengan Show of Force bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Surakarta Drs. Teguh Prakosa, M.M., didampingi Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si., dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf. Eko Hardianto, SH., M.I.P., serta diikuti sekitar 600 orang peserta, Kamis (04/04/2024).

Dalam amanatnya, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Surakarta selaku pemimpin apel menegaskan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait, dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Lebih lanjut, Kapolri mengatakan, bahwa berdasarkan survei kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023, berkaitan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibandingkan tahun lalu.

“Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri Bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d 16 April 2024,” jelasnya.

“Terkait penggunaan jalan tol dan jalur arteri, berikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan oleh masyarakat, minimalisir kerawanan, laksanakan sinergi dan kolaborasi satgas pusat dan satgas daerah harus berjalan optimal agar memberikan rasa aman dan nyaman,” ujar Kapolri.

Di tempat yang sama, Dandim 0735/Surakarta mengatakan, bahwa dalam menghadapi momentum hari raya Idul Fitri, peran TNI bersama Polri sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Kita harus bekerja sama dengan semua pihak, guna mencegah potensi gangguan keamanan,” tuturnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kodim Surakarta tersebut menegaskan, bahwa Kodim 0735/Surakarta beserta seluruh Jajaran Koramil di wilayah siap mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024 dengan optimal.

“Saya juga mengajak seluruh prajurit untuk melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, demi menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat terutapa pada perayaan idul fitri 1445 tahun 2024 ini,” tegasnya.

Setelah apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2024 Polresta Surakarta selesai, dilanjutkan pemusnahan barang bukti hasil operasi pekat dan hasil kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) Polresta Surakarta tahun 2024 oleh Forkopimda Kota Surakarta.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments