Monday, May 27, 2024
HomeInternationalWorldDewan HAM PBB Tuntut Penjualan Senjata ke Israel Dihentikan

Dewan HAM PBB Tuntut Penjualan Senjata ke Israel Dihentikan

Media Indo Pos,Jenewa – Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuntut agar penjualan semua jenis senjata terhadap Israel dihentikan. Mereka juga menyoroti peringatan “genosida” dalam perang yang berkecamuk antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza yang telah menewaskan lebih dari 33.000 orang.

Seperti dilansir dari AFP, Jumat (5/4/2024), tuntutan itu dimuat dalam resolusi yang disetujui oleh 28 negara dari total 47 negara anggota Dewan HAM PBB yang menggelar voting di markas besar mereka di Jenewa, Swiss, pada Jumat (5/4) waktu setempat.

Menurut hasil voting yang dirilis akun resmi Dewan HAM PBB di media sosial X, terdapat enam negara yang menolak resolusi itu, yakni Argentina, Bulgaria, Jerman, Malawi, Paraguay, dan Amerika Serikat (AS) — yang merupakan sekutu dekat dan pemasok senjata terbesar untuk Israel. Sebanyak 13 negara lainnya memilih abstain.

Disetujuinya resolusi itu menandai pertama kalinya Badan HAM PBB mengambil posisi dalam perang paling berdarah yang pernah terjadi di daerah kantong Palestina tersebut.

Resolusi Dewan HAM PBB yang disetujui tersebut menyerukan negara-negara untuk “menghentikan penjualan, transfer, dan pengalihan senjata, amunisi, dan peralatan militer lainnya kepada Israel”.

Langkah semacam itu, menurut resolusi Dewan HAM PBB, diperlukan antara lain “untuk mencegah pelanggaran lebih lanjut terhadap hukum kemanusiaan internasional dan pelanggaran juga penyelewengan hak asasi manusia”.

Ditekankan dalam resolusi tersebut bahwa Mahkamah Internasional atau ICJ telah memutuskan pada Januari lalu bahwa “ada risiko genosida yang masuk akal” di wilayah Jalur Gaza.

Draf dari resolusi itu, yang diajukan oleh Pakistan atas nama negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) kecuali Albania, menyerukan “gencatan senjata segera” dan “akses dan bantuan kemanusiaan darurat segera”.

Resolusi Dewan HAM PBB itu disetujui setelah pekan lalu, Dewan Keamanan PBB yang berkantor di New York, AS, akhirnya menyetujui resolusi yang menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza — berkat suara abstain dari AS, yang tidak menggunakan hak vetonya.

Namun tuntutan gencatan senjata dari Dewan Keamanan PBB itu tidak berdampak pada kondisi di lapangan.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments