Tuesday, May 28, 2024
HomeBerita NasionalDPR Sudah Reses, PKS Buka Suara Soal Nasib Hak Angket Pemilu

DPR Sudah Reses, PKS Buka Suara Soal Nasib Hak Angket Pemilu

Media Indo Pos,Jakarta – DPR telah menutup masa sidang dan memasuki masa reses hingga 13 Mei 2024 mendatang. Fraksi PKS DPR menegaskan tetap hendak menggulirkan hak angket terkait dugaan kecurangan pemilu di DPR.

“Hak angket minimal diusulkan oleh dua fraksi dan minimal ditandatangani oleh 25 anggota DPR. F-PKS tetap komitmen untuk mengajukan hak angket,” kata Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf kepada wartawan, Jumat (5/4/2024).

Al Muzzammil mengatakan pihaknya memerlukan setidaknya satu fraksi lain yang turut menggulirkan angket. Dia berharap syarat bergulirnya angket itu dapat segera tercapai.

“Tapi tentu tidak bisa sendiri karena minimal harus dua fraksi. Mudah-mudahan hak angket masih mungkin terbentuk pada persidangan yang akan datang. Tidak lain dalam rangka mewujudkan amanat Konstitusi Pasal 22E ayat 1 menghadirkan pemilu yang luber jurdil,” kata dia.

Lebih lanjut, Al Muzzammil mengatakan alasan pihaknya tetap menggulirkan angket lantaran hendak mengevaluasi gelaran Pilpres 2024. Dia menginginkan dugaan kecurangan tidak terulang lagi di pesta demokrasi selanjutnya.

“Dengan mengevaluasi berbagai kejanggalan yang mencolok yang terjadi pada pemilu Februari 2024, kita berharap hal-hal negatif tidak terulang lagi pada Pilkada 2024 yang akan datang maupun pada Pemilu 2029 nanti,” ucapnya.

Sebagai informasi, Fraksi PDIP DPR tampak telah menggugurkan rencana hak angket itu. Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani hanya memberikan gestur menggelengkan kepala saat ditanya kelanjutan wacana angket tersebut.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments