Tuesday, May 21, 2024
HomeBerita NasionalMuhadjir Sebut Lebih Sulit Tangani Arus Balik, Pemudik Diimbau Tertib

Muhadjir Sebut Lebih Sulit Tangani Arus Balik, Pemudik Diimbau Tertib

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengaku mendapat sejumlah keluhan selama masa mudik Lebaran 2024. Keluhan itu terkait antrean saat hendak menyebrang ke pelabuhan.

“Saya memantau komentar-komentar dari para pemudik. Memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki termasuk lama ngantrinya,” kata Muhadjir di Gedung Jasa Marga KM 70 Tol Japek, Kamis (11/4/2024).

Dia menyebut masih adanya pemudik lain yang tidak disiplin terhadap aturan yang ada. Mereka masuk pelabuhan tanpa memiliki tiket. “Kemudian juga adanya masih adanya pemudik yang kurang disiplin. Terutama mematuhi agar membeli tiket online jauh-jauh hari ternyata masih banyak yang berspekulasi dengan datang tanpa tiket,” ucap Muhadjir.

“Dan bahkan ada beberapa pemudik yang melakukan fait accompli terhadap petugas untuk memaksakan untuk ikut berangkat walaupun sebetulnya belum punya tiket,” tambah dia.

Muhadjir kemudian mewanti-wanti pemudik agar lebih tertib mematuhi aturan lalu lintas dan imbauan petugas ketika arus balik Lebaran 2024 dimulai. Karena, menurutnya, proses pengelolaan arus balik lebih sulit daripada arus mudik.

Sebabnya, mobilitas kendaraan saat arus balik merujuk pada satu titik menuju Jakarta dan sekitarnya. “Karena kalau berangkat mudik itu kan gerakannya sentrifugal, menyebar, itu relatif mudah. Tetapi ketika dia balik, itu kan sentripetal. Semua mengerucut ke salah satu titik, yaitu ibu kota dan sekitarnya. Ini pengelolaannya jauh lebih sulit,” jelas Muhadjir.

Oleh sebab itu, Muhadjir meminta kepada para pemudik yang akan melangsungkan arus balik untuk disiplin dan patuh dengan imbauan dari petugas. Agar seluruh persiapan yang telah dilakukan petugas berjalan lancar.

“Agar semua yang akan masuk kembali bekerja di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya itu bisa dilayani oleh bagian baik, baik oleh Korlantas, oleh Kementerian Perhubungan maupun Kementerian PUPR dan Kementerian-Kementerian yang lain,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments